Beranda Banjar Cuaca Ekstrem, PLN Tak Jamin Listrik Stabil

Cuaca Ekstrem, PLN Tak Jamin Listrik Stabil

202
BERBAGI

BANJAR – Supervisor Teknik PLN Kota Banjar Doddy Prastio tidak bisa menjamin listrik akan stabil untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK. Hal itu lantaran cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini.

Terkait itu, PLN telah menyurati sekolah untuk mengantisipasi gangguan listrik dengan menyediakan genset.

“Kita tidak bisa menjamin untuk suplai listrik ke sekolah bisa lancar. Sewaktu-waktu bisa terjadi kendala jika cuacanya ekstrem. Tapi untuk antisipasi awal, kita siagakan petugas yang siap turun ke lapangan jika ada kendala. Kemudian kita juga mengimbau pihak sekolah untuk menyediakan genset,” kata Doddy Senin (2/4).

Dia mengaku PLN sejak bulan lalu terus melakukan pemeliharaan jaringan yang sudah tua dan lapuk, supaya ketika UNBK digelar tidak ada kerusakan teknis yang menyebabkan UNBK terkendala.

Sementara dalam pelaksanaan UNBK SMK hari pertama, ada satu kendala yang dialami SMK Negeri 2 Banjar. Saat pelaksanaan, terjadi drop tegangan. Namun itu tidak menyebabkan listrik padam. Tidak mengganggu jalannya UNBK.

“Ya sempat terjadi sedikit kendala di SMKN 2 Banjar, petugas langsung ke sana,” aku dia.

Ketua Pelaksana UNBK SMKN 2 Banjar sekaligus Wakasek Kurikulum SMKN 2 Banjar Aa Dadang Hambali membenarkan adanya kendala jaringan listrik saat pelaksanaan UNBK.

“Ya sekitar 20 menit setelah UNBK sesi pertama dimulai, terjadi drop tegangan sekitar 10 menit. Tapi dampaknya tidak sampai padam listrik, komputer yang digunakan siswa untuk mengerjakan soal ujian masih tetap menyala,” ujar Dadang, panggilan akrabnya.

Pihak sekolah mengaku khawatir akan adanya gangguan jaringan listrik. Pasalnya ujian saat ini meski tidak menentukan kelulusan secara 100 persen, namun pelaksanaannya menggunakan listrik, berbasis komputer.

“Kita sudah siapkan satu genset, idealnya dua genset untuk mengantisipsi jika terjadi padam listrik,” katanya.

Pantauan Radar dalam UNBK di SMK Negeri 2 Kota Banjar, seluruh siswa serius mengerjakan 50 soal pilihan ganda (PG) Bahasa Indonesia.

Rencananya, UNBK akan digelar selama empat hari. Hari pertama bahasa indonesia, kedua matemaika, ketiga bahasa inggris dan terakhir teori kejuruan.

“Siswa kami yang melaksanakan UNBK jumlahnya 552 siswa. Pelaksanaan UNBK digelar di enam ruangan dan satu ruangan lagi digunakan salah satu SMK Swasta,” katanya. (mg4)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.