Cuaca Tak Tentu, Peternak Sapi Perah Merugi

25

CILAWU – Para peternak sapi perah di Desa Pasanggrahan Kecamatan Cilawu mengalami kerugian, karena produksi susu terus menurun. Hal itu karena kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu.

“Sekarang itu kadang panas terik langsung hujan, jadi cuacanya tidak menentu. Ini sangat mempengaruhi produksi susu sapi,” ujar Yaya Cahya Carmana (40), salah seorang peternak sapi kepada wartawan, Rabu (9/1).

Menurut dia, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini, nafsu makan sapi jadi berkurang. Selain itu, pakan yang diberikan juga mengalami perubahan karena pergantian cuaca, sehingga kurang dimakan oleh sapi. Efeknya, produksi susu menurun.

“Saya punya 20 ekor, saat ini produksi susunya turun sekitar 20 persen dari sebelumnya,” terangnya.

Biasanya dari 20 ekor sapi, bisa menghasilkan 200 liter susu per hari. Sekarang jumlah produksi berkurang 50 liter.

”Cuma dapat 150 liter sehari sekarang mah. Cuaca buruk ini pertumbuhan sapi juga terhambat,” ucapnya.

Dengan produksi susu yang menurun ini, tambah dia, ini berpengaruh pada penghasilan dalam mengelola sapi perah ini. “Sekarang sedikit merugi, karena hasil susunya sedikit,” terangnya.

Meski sedikit merugi, tetapi dia akan terus berusaha mengelola sapi perah miliknya ini, karena tidak ada penghasilan lain selain dari susu sapi ini. “Mudah-mudahan cuaca bisa berubah dan produksi susu kembali normal,” harapnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.