Cuaca Tidak Bisa Dilawan Warga Diminta Tetap Mengungsi

26

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Kondisi wilayah di Ci­patujah, Culamega dan Karang­nunggal, Kabupaten Tasik­malaya di­n­i­l­ai ma­sih belum aman dari bencana. Masyarakat diminta tetap berada di peng­ung­sian sampai situasi kembali normal.

Untuk itu, Plt Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP menunjuk Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad SE sebagai Komandan Tanggap Darurat (Incident Commander/IC).

Hal itu, Ade sampaikan dalam catatan yang di fan page facebook miliknya. “Insya Allah, dibawah komandonya (Dandim), kegiatan tanggap darurat bencana di Tasikmalaya Selatan akan terorganisir dengan baik,” tulisnya, Jumat (9/11).

Saat dikonfirmasi, Dandim 0612/ Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad SE mengakui dirinya ditunjuk oleh Plt Bupati Tasikmalaya untuk memimpin upaya penanggulangan bencana.

”Ya secara lisan bupati sudah menunjuk saya, secara formalnya nanti menyusul,” ujar Nur Ahmad.

Untuk itu, dalam beberapa hari ke depan dalam pe­nanggulangan bencana ini, pi­haknya akan mengamankan masyarakat yang terkena dam­pak. “Maka saya minta warga tetap berada di peng­ungsian. Bukan berarti kita menghalangi warga untuk menyelamatkan harta bendanya, tapi kondisinya masih rawan (bencana, Red),” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, status masa tanggap darurat telah diberlakukan selama 14 hari dari sejak tanggal 6 – 19 November 2018. Diharapkan setelah itu kawasan bencana bisa kembali normal. “Karena cuaca tidak bisa dilawan, mudah-mudahan bisa kembali normal,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya tidak ingin dampak bencana semakin besar, hanya akibat masyarakat tidak bisa menahan diri. “Kita harus berupaya supaya dampak bencana tidak menjadi lebih besar,” katanya.

Saat ini, kata Nur Ahmad, beberapa jalur akses yang sempat tertutup longsor sudah berhasil di buka dan alat berat bisa dioperasikan. “Sampai malam ini (tadi malam, Red), petugas masih berupaya membuka akses di pelosok Culamega. Tapi wilayah pusat kecamatan sudah normal,” terangnya.

Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan tim di bidang medis lainnya. Dikhawatirkan, efek dari bencana tersebut masyarakat terserang penyakit. “Mudah-mudahan sehat, tapi kita antisipasi khawatirnya ada yang sakit,” tandasnya. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.