Cuci Tangan Sesering Mungkin

322
0
Siti aisyah / radar tasikmalaya ILUSTRASI. Mencuci tangan dengan benar menjadi bagian dari upaya menjaga kebersihan dan sehatan diri Sabtu (3/3).
Loading...

MENJAGA kebersihan diri sangat penting. Selain menghindari penyakit, juga menjaga keindahan kulit. Dokter umum di RS SMC (Singaparna Medika Citrautama) Tasikmalaya dr Retty Zia Dewi Kurnia menuturkan seluruh bagian tubuh harus dijaga kebersihannya. Tanpa kecuali. “Tapi memang ada yang lebih prioritas terutama di daerah tropis ini. Salah satunya tangan kita,” terang dr Retty.

dr Retty

Dia menjelaskan mencuci tangan yang benar ada tujuh tujuh langkah. Pertama, basahi tangan dengan air. Kemudian, pakai sabun dan gosok secara lembut kepada telapak tangan. Setelah itu, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Jangan lupa gosok sela-sela jari hingga bersih, lalu bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan jari, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
Selanjutnya, letakkan ujung jari ke telapak tangan dan gosok perlahan, bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir dan keringkan memakai handuk atau tisu. Jaga kebersihan kedua tangan dengan mencucinya setiap kali akan makan atau setelah menyentuh benda yang kotor.
Selain harus rutin membersihkan tangan, lanjut Retty, membersihkan wajah minimal sehari dua kali juga penting. Terlebih untuk kulit wajah yang sensitif. Setelah seharian di luar, cucilah wajah dengan bersih. Bagi perempuan, pakailah kosmetik sesuai umur. Hindari alergi pada pemakaian kosmetik, hindari stres, pakai tabir surya atau sun block sesuai sf tropis.
“Selain itu, mulut, telinga, hidung, alat kelamin, kedua kaki, rambut, gigi dan lainnya terutama yang kontak langsung dengan dunia luar harus dijaga kebersihannya,” tuturnya.
“Memperbanyak minum air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit, berwudlu juga menjaga kebersihan diri, kalau bisa kita pertahankan kelembaban kulit wajah kalau perlu minum vitamin yang menutrisi kulit,” sambungnya.
Yang tak kalah penting dan wajib dalam menjaga kebersihan diri juga adalah mandi secara teratur setiap hari. Hal ini penting untuk merontokkan semua bakteri atau kuman yang menempel pada tubuh. Tak ada batasan berapa kali orang harus mandi dalam sehari.
”Saat memulai aktivitas, baiknya kita mandi. Begitu juga setelah beraktivitas. Bahkan beberapa orang ada juga yang suka mandi sebelum sholat dzuhur, itu juga baik. Jadi lebih fresh,” ujarnya.
Dengan mandi, sel kulit mati akan terbuang sehingga tubuh terasa lebih segar dan wangi. Juga, membuat tubuh rileks kembali setelah beraktivitas. Orang yang rajin menjaga kebersihan diri, bisa terhindar dari penyakit kulit seperti dermatitis, jamur, eksim dan lainnya.
”Apalagi jika kita punya anak kecil. Setiap hari dibiasakan untuk menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci rambut, rajin mandi, merawat kesehatan kulit, menjaga kebersihan mulut dan gigi, membersihkan ketiak, mencuci tangan, menjaga kesehatan kuku dan juga menjaga kebiasaan di toilet,” pungkasnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.