Curi Motor untuk Dipakai Sehari-hari

52
0

TAWANG – Seorang pekerja di tempat menjahit asal Kecamatan Tawang RR (24) diadili di Pengadilan Negeri (PN) Tasikmalaya, Rabu (17/10). Dia didakwa mencuri sepeda motor yang terparkir di depan warung di wilayah Kecamatan Kawlu.

Jaksa Penutut Umum (JPU) Yuris Setia Ningsih Abduh SH MH menerangkan kasus tersebut terjadi pada 22 Juli di Kampung Saguling Panjang Kecamatan Kawalu. Saat itu, RR hendak membeli benang ke salah satu toko alat jahit.

RR tidak memiliki kendaraan. Dia berjalan kaki. Saat melintas di lokasi, dilihat ada sepeda motor Scoopy bernopol Z 5854 NX yang terparkir. Kunci motornya masih menempel.
Melihat kesempatan itu, muncul niat RR untuk mengambilnya. Tanpa kesulitan, pemuda yang hanya mengenyam pendidikan sampai bangku SMP itu pun berhasil membawa kabur motor tersebut.

Di hadapan majelis hakim, RR mengaku awalnya tidak berniat untuk mencuri. Bahkan, dia sempat melewati sepeda motor itu untuk melanjutkan jalan kaki ke toko alat jahit. “Sudah lewat saya pak, kemudian saya balik lagi dan mengambil motornya,” tuturnya.

Dia mengaku bukan merupakan bagian dari jaringan pelaku pencurian kendaraan
bermotor (curanmor). Kejahatan itu baru pertama kali dilakukan dan tanpa ada perencanaan sebelumnya. “Enggak bawa alat apa pun pak, karena kuncinya masih ngegantung,” terangnya.

Soal motif pencurian, RR menerangkan bahwa sepeda motor itu rencananya akan dipakai sehari-hari. Dia pun sempat mengganti plat nomor supaya tidak diketahui pemiliknya. “Untuk saya pakai pak, bukan untuk dijual,” terangnya.

Atas perbuatannya itu, RR didakwa pasal 362 KUHP yang berbunyi barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.