Curi Start Kampanye Bisa Dipidana

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Tidak lama lagi, daftar calon tetap (DCT) akan segera diumumkan. Bawaslu Kota Banjar meminta sebelum masuk masa kampanye, seluruh bakal calon legislatif (bacaleg) tidak mencuri start.

“Kami meminta kepada seluruh partai politik yang mengajukan bakal calonnya ke KPU Kota Banjar agar menaatu aturan, kemudian memberikan imbauan agar para bacalegnya tidak melakukan kampanye. Kampanye sendiri akan dimulai sekitar akhir September 2018,” ujar Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman Selasa (11/9).

Menurutnya, sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 492 tentang Pemilihan Umum, setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, setiap peserta pemilihan dimaksud pada pasal 276 ayat 2 diancam pidana kurungan paling lama satu tahun dan denda paling banyak 12 juta rupiah.

“Para bacaleg atau peserta pemilihan yang masuk dalam kategori kampanye, di antaranya jika dalam alat peraga kampanye memuat nama partai, daerah pemilihan dan visi misi serta program kerja sebagai pesan dari kampanye tersebut,” terang Irfan.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis menjelaskan jumlah daftar calon sementara (DCS) Pileg di Kota Banjar sesuai data valid di KPU Kota Banjar sebanyak 284 orang.

Namun masih ada kemungkinan pengurangan jumlah jika ada bacaleg yang TMS hingga penetapan DCT dilaksanakan.

“Statusnya masih DCS untuk jumlahnya belum ada perubahan masih 284 orang bacaleg,” katanya. (cep)

loading...