Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Air Terjun di Pangandaran, Namannya Curug Bilik Indah dan Cocok Untuk Ini..

76
0
BERSIH. Air Curug Bilik di Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar bersih. foto : DENI NURDIANSAH / RADAR TASIKMALAYA
BERSIH. Air Curug Bilik di Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar bersih. foto : DENI NURDIANSAH / RADAR TASIKMALAYA

Pangandaran tidak kekurangan tempat wisata. Tak hanya pantai. Curug atau air terjun juga ada. Tinggal kita mau memilih.

Radar kali ini mengunjungi Curug Bilik. Lokasinya di Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar. Dari Kecamatan Parigi, pusat pemerintahan Kabupaten Pangandaran, jarak Curug Bilik sekitar 34 kilometer. Karena ingin menikmati perjalanan, maka jarak tempuh Parigi-Langkaplancar sekitar satu jam.

Anda jangan khawatir, perjalanan menuju Curug Bilik tidak akan menemui kendala. Jalannya mulus. Tentunya nyaman dilalui kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Radar menuju Curug Bilik melalui jalur Kecamatan Cigugur. Jalannya berbelok-belok dan menanjak.

Mulai dari Parigi, kita akan melewati Desa Parakanmangu, kemudian masuk ke Kecamatan Cigugur dengan melewati Desa Cimindi, Desa Cigugur dan Desa Campaka, lalu masuk ke Desa Langkaplancar, Desa Pangkalan dan finish di Desa Jayasari.

Di sepanjang perjalanan Radar disuguhi pemandang yang luar biasa di kiri dan kanan jalan. Lembah dan tebing bebatuan yang indah kita bisa nikmati dengan mata telanjang.

Kita juga bisa menjumpai pepohonan yang cukup tinggi dan hutan lebat, sehingga kesan alaminya masih begitu terasa. Akan tetapi, penerangan di sepanjang jalan menuju lokasi masih sangat minim.

Sesampai di lokasi kita bisa langsung melihat keindahan curug yang memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan tum­pukan bebatuan hitam yang me­nyerupai anyaman bilik.

Baca : Curug Bilik Butuh Pengelolaan Serius

”Maka­nya curug ini dinama­kan Curug Bilik,” ungkap salah seorang pemilik rumah makan di kawasn curug bilik Heni Sunartini (43) kepada Radar Sabtu (11/1).

Di sekitar curug bilik banyak ditemukan tebing bebatuan yang ditumbuhi tanaman hijau, selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan sawah yang begitu luas dan hijau.

Curug Bilik memang cocok untuk dijadikan spot swafoto. Airnya masih terlihat jernih ditambah lagi hawa gunung terasa begitu sejuk.

Di area Curug Bilik, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas berenang. Akan tetapi bagi mereka yang kurang jago, disarankan menggunakan ban karet, karena kedalaman airnya mencapai 5 meter.

Kalau lapar, kita bisa menikmati berbagai macam hidangan khas seperti bakar ikan, ba­kar ayam, sate, mi ayam, yang dijajakan rumah makan di sana.

Masuk ke area wisata Curug Bilik gratis. Tidak dipungut sepeser pun, karena memang destinasi wisata ini belum ada yang mengelola, baik swasta maupun pihak desa. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.