Curug Cimedang, Potensi yang Tak Diperhatikan

51
RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA POTENSI. Curug Cimedang di Malaganti Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi mempunyai potensi menjadi destinasi wisata baru Kamis (10/1).

SARIWANGI – Curug Cimedang di Dusun Malaganti Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi menjadi salah satu potensi destinasi wisata alam di Kabupaten Tasikmalaya. Kejernihan air dan segarnya udara menjadi primadona bagi wisatawan.

Untuk menuju Curug Cimedang, dari Alun-Alun Singaparna ditempuh dengan waktu 30 menit. Menggunakan sepeda motor. Memasuki Dusun Malaganti, kondisi jalan mulai banyak yang belum diperbaiki, hingga sampai ke tempat parkir.

Dari tempat parkir ke lokasi curug jaraknya sekitar 300 meter. Kondisi jalannya masih berbatu. Terkadang menyulitkan bagi pengunjung, apalagi saat hujan.

Tak sampai 10 menit, pemandangan Curug Cimedang langsung bisa dinikmati. Suasana terlihat ramai, banyak wisatawan lokal yang berkunjung. Ada juga yang berenang dan makan liwet.

Anggota Karang Taruna Malaganti Tatang Ahmad mengatakan curug ini mulai dikelola dan dibuka untuk wisatawan sejak 2010 lalu. Karena banyak masyarakat yang menyukai suasana di curug ini.

“Kami menilai curug ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk berdampak terhadap meningkatnya perekonomian warga sekitar,” ujarnya kepada Radar, Kamis (10/1).

Kata dia, pascadibuka untuk umum belum pernah ada perhatian sama sekali dari pemerintah daerah terhadap Curug Cimedang. Baik itu penataan kawasan wisata atau akses menuju curug.

“Sampai saat ini belum pernah ada perhatian. Padahal jika serius dikembangkan, ini bisa memberikan pemasukan bagi desa mau pun pemkab,” bebernya.

Jelas dia, pengunjung dalam setiap harinya cukup banyak. Terlebih ketika hari libur. Dalam sehari, jumlahnya mencapai 100 orang. Mereka tidak dikenai tarif masuk, hanya diwajibkan membayar parkir sebesar Rp 2.000.

“Pengunjung saat berada di Curug Cimedang bisa selfie dengan latar air terjun yang indah dan jernih, kemudian ada juga yang berenang serta ngaliwet,” terangnya.

Sejauh ini, Curug Cimedang cukup merangsang perekonomian warga sekitar. Warga bisa membuka warung makan untuk menyediakan para pengunjung. Dengan demikian, ada geliat ekonomi yang berjalan dengan hadirnya curug ini.

Terpisah, Kepala Desa Sukaharja Kecamatan Sawriwangi Indra menjelaskan sependapat kalau kawasan wisata itu dikembangkan. Namun, pihaknya ingin mendengar kesiapan dari warga terkait pengelolaan wisata ini.

“Ya kita akan bahas dulu di musrenbang tingkat desa bersama warga. Termasuk ingin mendengar kesiapan warga seperti apa,” bebernya.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya Asep Saeful Bahri terkait perhatian terhadap Curug Cimedang melalui sambungan teleponnya belum memberikan jawaban. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.