Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

DA Meninggal karena Sakit

39
0

CIAMIS – Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis Suherman menjelaskan penyebab meninggalnya tahanan titipan Kejari, DA (45). Menurutnya, tahanan kasus psikotropika itu meninggal pada Senin (5/8) karena sakit.

DA adalah warga Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Dia tahanan Kejari yang dititipkan ke Lapas Ciamis. Saat itu kasus psikotropika DA dalam proses pemeriksaan berkas untuk diajukan ke pengadilan. “Namun tahanan yang kami titipkan di LP Klas II B Ciamis meninggal dunia di RSUD Ciamis, Senin (05/08) sekitar pukul 18.00, yang dikarenakan hasil pemeriksaan dokter itu sakit,” ujarnya di kantornya, Kejaksaan Negeri Ciamis.

Kasubsi Pratut Kejaksaan Negeri Ciamis Gede Maulana menjelaskan DA baru beberapa hari dititipkan kejaksaan ke Lapas Ciamis. Dengan meninggalnya DA, maka, kata dia, secara hukuman, sesuai ketentuan Pasal 77 KUHP, kewenangan menuntut dihapus karena tersangka meninggal dunia. “Selain itu SOP (Standar Operasional Prosedur, Red) kami sesuai Peraturan Jaksa Agung No 36 tahun 2011 pasal 25 hurup B ada salah satu alasan-alasan yang di maksud sesuai dengan Pasal 77 adalah dihapusnya penuntutan hukum tersangka atau terdakwa untuk kepentingan hukum,” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Fajar Nur Cahyono, sebelumnya, menerangkan, pada Senin siang, berdasarkan keterangan dari teman AD di blok B, AD mengeluh kurang enak badan. Kemudian dia diberi kerokan ringan oleh korban. Namun, beberapa saat kemudian kondisi AD drop dan pingsan.

Mengetahui hal itu, petugas lapas langsung membawa AD ke poliklinik dalam lapas. Karena poliklinik sedang tutup, AD dilarikan ke RSUD Ciamis. “Karena kondisinya nadi sudah lemah, sebetulnya itu harus izin dulu ke kejari, tapi karena kemanusiaan langsung saja dibawa. Namun, korban meninggal di perjalanan ke RSUD Ciamis,” kata Fajar kepada wartawan di ruangannya.

Hasil pemeriksaan tim medis, kata Fajar, tidak ditemukan luka lebam akibat kekerasan di tubuh AD. Pihaknya sudah melaksanakan serah-terima AD kepada keluarganya setelah berkoordinasi dengan kejaksaan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.