Daerah Diminta Permudah Iklim Investasi

72
Joko Widodo

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Pemerintah daerah diminta memanfaatkan momentum positif dalam bidang investasi dengan melakukan reformasi besar-besaran.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada acara Rapat Kerja Pemerintah bertajuk Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).

Pada acara tersebut, Jokowi berpesan jangan lagi ada peraturan daerah (Perda) yang menghambat dan membebani orang untuk berusaha dan berinvestasi.

“Ada 42 ribu regulasi yang menjerat kita sendiri. Kita tidak bisa bergerak. Daerah harus berani melakukan reformasi besar-besaran untuk mempermudah iklim investasi,” ucap Jokowi.

Menurutnya, momentum positif yang ada harus betul-betul dimanfaatkan untuk meningkatkan investasi dalam dan luar negeri.

Utamanya yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang pada 2018 ditarget 5,4 persen.

Terkait reformasi besar-besar, disebutkannya juga sudah dilakukan pemerintah pusat.

Ia mencontohkan, langkah Kementerian Keuangan melalukan pembongkaran terhadap urusan impor dan ekspor yang berkaitan dengan kepabeanan di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Banyak prosedur yang dipangkas menjadi hitungan jam. Seperti izin penimbunan barang dari 10 hari menjadi 1 jam.

“Kalau dengan saya urusannya harus jam. Kalau ada daerah yang mengurus izin berbulan-bulan, sudah lupakan daerah itu,” tegasnya.

(fat/jpnn/pojoksatu)

loading...