Daerah Maju, Jaga Seni Tradisional!

212
0
Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya MENARI. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih ikut menari pada pagelaran seni ibing di lokasi Objek Wisata Pajamben kemarin (26/11).

BANJAR – Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga seni tradisional Kota Banjar khususnya dan seni tradisional Jawa Barat umumnya. Menurutnya, seni tradisional merupakan salah satu jati diri bangsa.
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai seni tradisi dan budayanya, tidak hanya menghargai tetapi juga menjaganya,” ungkap Hj Ade Uu saat menghadiri pagelaran seni ibing di lokasi Objek Wisata Pajamben kemarin (26/11).
Menurutnya, jika suatu daerah ingin maju maka seni tradisional harus dijaga. ”Lihat saja negara atau daerah lain yang menjunjung tinggi budaya dan seni tradisionalnya, mereka sangatlah maju,” ujarnya.
Walaupun seni tradisional terkesan kuno atau buhun, kata dia, tidak ada salahnya untuk dimodifikasi. ”Yang terpenting jangan sampai menghilangkan jati dirinya,” ungkapnya.
Kota Banjar sendiri memiliki komitmen untuk memajukan seni, salah satunya adalah membangun gedung seni. ”Kita akan kumpulkan para seniman, mereka dipersilakan untuk memberi masukan demi kemajuan seni tradisional di Kota Banjar,” ujarnya.
Stakeholder, dewan dan masyarakat juga diajak berperan serta untuk menjaga dan mengembangkan seni tradisional Kota Banjar. ”Kita siap untuk memfasilitasinya, apalagi kita kan ada OPD (organisasi perangkat daerah) yang konsen terhadap ke­budayaan,” ucapnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.