Daftar 14 Kepala Daerah di Jawa Barat Terjerat Kasus Korupsi, Simak Data Lengkapnya!

160
0

JAKARTA – Sebanyak 14 kepala daerah di Jawa Barat telah ditangkap KPK karena melakukan tindak pidana korupsi. Jawa Barat bersaing dengan Jawa Timur dan Sumatera Utara.

Berdasarkan data yang dihimpun Pojokjabar.com, kepala daerah di Jawa Barat yang sudah ditangkap KPK ada sebanyak 14 orang hingga Desember 2018 ini.

1. Bupati Bandung Barat Abu Bakar.
2. Bupati Subang Imas Aryumningsih
3. Walikota Cimahi Atty Suharti
4. Walikota Bandung Dada Rosada
5. Bupati Garut Agus Supriadi
6. Bupati Subang Ojang Suhandi
7. Walikota Bekasi Mochtar Muhammad
8. Bupati Karawang Ade Swara
9. Bupati Bogor Rachmat Yasin
10. Bupati Subang Eep Hidayat
11. Gubernur Jawa Barat Dany Setyawan
12. Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin
13. Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra
14. Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar.

Sementara itu, Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar provinsi yang kepala daerahnya paling banyak terjerat kasus korupsi di KPK. Dan Provinsi Jawa Barat di posisi tiga.

Jawa Timur berada di posisi teratas dengan 14 kepala daerah di provinsi itu jadi tersangka di KPK. Posisi kedua diisi oleh Sumatera Utara (Sumut) dengan jumlah 12 kepala daerah jadi tersangka.

“Berdasarkan provinsi, tertinggi Jawa Timur, ada 14 kasus. Disusul yang kedua itu Sumatera Utara, 12 kasus,” kata Peneliti ICW, Egi Primayoga, Minggu (16/12/2018).

Egi menuturkan data tersebut merupakan hasil pantauan ICW sejak KPK berdiri, dari 2004 hingga 2018. Dalam rentang waktu tersebut, versi ICW, sebanyak 104 kepala daerah di seluruh Indonesia tersandung kasus korupsi di KPK.

Selain Jatim dan Sumut, daerah yang masuk 10 besar terbanyak kasus korupsi kepala daerahnya ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua, Riau, Aceh, Banten, dan Kalimantan Timur.

(ral/pojokjabar)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.