Dampak Corona, 1.800 Pekerja di Kota Tasik Dirumahkan Sementara

584
0

KOTA TASIK – Penyebaran dan antisipasi virus covid-19 (corona) di Kota Tasikmalaya mulai berimbas pada sektor ekenomi.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tasik mencatat hingga Jumat (10/04) siang, sebanyak 1.800 pekerja terpaksa dirumahkan sementara.

“Kalau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal belum ada di kita ya. Yang ada hanya dirumahkan saja. Ada 1800-an (pekerja, Red),” ujar Kadisnaker Rahmat Mahmuda kepada radartasikmalaya.com yang dihubungi melalui ponselnya.

Baca juga : Awas! Ada 73 OTG Corona di Kota Tasik, Warga Diminta Waspada

Terang dia, 1800 pekerja yang dirumahkan itu terdiri dari berbagai macam jenis industri dan pusat perbelanjaan sehari-hari.

“Jadi sifatnya dirumahkan sementara saja, selama musim covid-19 ini,” terangnya.

Disinggung apakah pekerja yang dirumahkan itu tetap mendapat kompensasi atau gaji dari tempat mereka sebelumnya bekerja, tambah dia, tergantung dari perjanjian kerjasamanya.

Loading...

“Jadi mereka yang dirumahkan itu terjadwal. Diberlakukan dirumahkan selama musim covid saja. Jadi dirumahkannya dari tanggal sekian sampai tanggal sekian. Begitu sistemnya,” tambahnya.

Jelas dia, jika melihat kondisi saat ini pemberlakukan antisipasi covid diperpanjang, maka yang dirumahkan itu juga semakin lama.

Walaupun demikian, kondisi dirumahkan ini tak berbenturan dengan aturan. Jika berbenturan dengan aturan, si pekerja yang dirumahkan bisa dibantu pihaknya untuk melakukan mediasi.

“Walaupun dirumahkan, semua pekerja itu ada yang sebagian tetap digaji, ada yang setengah gaji saja kompensasinya. Ya semua tergantung perjanjiannya,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.