Dampak Pandemi, Pencari Kerja di Ciamis Menurun

48
0
ANTISIPASI. Swab test massal dilaksanakan di Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari, Sabtu-Minggu (26-27/9). ISTIMEWA

CIAMIS – Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan semua aspek, termasuk dunia ketenagakerjaan. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis mencatat selama pandemi jumlah pencari kerja yang membuat kartu kuning mengalami penurunan cukup drastis.

Hal itu dikarenakan banyak perusahaan-perusahaan yang tutup atau mengurangi karyawannya karena melemahnya pendapatan.

Baca juga : Punya Penyakit Kusta, Tahanan LP Ciamis Bunuh Diri

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis Eka Permana mengatakan, memang selama pandemi ini jumlah pembuat kartu kuning mengalami penurunan yang cukup drastis.

Pada Agustus 2020, jumlah pembuat kartu kuning mencapai 636 orang. Kemudian bulan-bulan sebelumnya rata-rata mencapai 300-600 orang yang membuat AK-1.

“Jumlah tersebut berbeda jauh dengan tahun 2019, pada tahun lalu para pencaker setiap bulannya memadati pembuatan  permohonan kartu kuning dan kalau di rata–rata per bulan bisa sampai 1.000 orang.

Loading...

Jadi masa pandemi Covid–19 sangat mempengaruhi seseorang untuk mencari sebuah pekerjaan, ketika saat ditanya para pencaker baru ingin mencoba-coba melamar sebuah pekerjaan,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, pihaknya selalu memberikan arahan kepada para pembuat kartu kuning.

Sehingga, ketika nanti sudah diterima bekerja di perusahaan bisa melaporkan kembali ke Dinas Tenaga Kerja, sehingga ada data baru soal tenaga kerja di Ciamis dan jumlah pengangguran.

Baca juga : Kasus Corona di Ciamis Meluas ke 16 Kecamatan

“Yang jadi kendalanya adalah, para pencari kerja pembuat kartu kuning ini sangat jarang sekali memberikan informasi bahwa dirinya sudah diterima bekerja,” katanya.

Retno (29), pencari kerja yang membuat kartu kuning mengaku memang sangat kesulitan mencari lowongan pekerjaan di masa pandemi seperti ini. “Yang sudah bekerja pun sekarang di-PHK, apalagi yang akan baru mencari pekerjaan, sulitnya bukan main,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.