Realisasi Bankeu Tak Sesuai Berdampak ke Pembangunan

Dana Aspirasi Ujian Kejujuran Dewan

76
0
Loading...

SINGAPARNA – Pengamat sosial, politik dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam mengatakan, dana aspirasi atau bantuan keuangan (bankeu) untuk desa merupakan perjuangan politik anggota dewan bagi pembangunan di masyarakat.

Jelas dia, salah satu kewajiban anggota dewan adalah menampung dan merealisasikan aspirasi masyarakat. Dalam mewujudkan itu, anggota dewan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya untuk masuk APBD dan direalisasikan dengan bentuk pembangunan.

“Jadi dana aspirasi atau bantuan keuangan yang diperjuangkan oleh dewan ini merupakan program yang menguji kejujuran dan integritas dewan itu sendiri,” ujarnya saat dihubungi Radar, Jumat (28/6).

Menurutnya, amanah atau tidaknya dewan salah satunya bisa diukur melalui penyaluran program ini. Karena program yang diperjuangkan ini tidak menutup kemungkinan bisa dimanfaatkan oleh anggota dewan bersangkutan atau yang tidak amanah. Namun, tidak semua dewan seperti itu. “Kalau yang punya integritas dan mempunyai kejujuran tidak akan berani mengambil uang amanah dari masyarakat tersebut,” paparnya.

Menurut dia, bagi dewan yang tidak amanah atau jujur pastinya akan terjerat dalam kubangan kenikmatan uang amanah dari masyarakat tersebut untuk menyiasatinya atau memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. “Persoalan dana aspirasi (yang saat ini terjadi di Desa Sukahening dan Sukasukur, Red) tidak hanya terjadi di DPRD kota/kabupaten saja, bahkan mungkin di DPRD provinsi dan DPR RI pun bisa saja terjadi,” terangnya.

Menurutnya, apabila dalam realisasi dana aspirasi ini terjadi kesepakatan atau bahkan pemotongan, dampaknya terhadap pembangunan yang tidak sesuai perencanaan.

Saat dikonfirmasi Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat soal dana aspirasi atau bantuan keuangan dewan melalui sambungan teleponnya tidak menjawab. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.