Dana BOS Harus Sejahterakan Guru Honorer Kota Banjar

321
1
Forum Pemuda Peduli Pendidikan Diki Agustaf memberikan santunan kepada tenaga honorer. cecep herdi / radar BANTUAN. Ketua

BANJAR – Keberadaan profesi guru berstatus tenaga honorer penting untuk dunia pendidikan. Tanggung jawabnya tak jauh beda dengan guru berstatus aparatur sipil Negara (ASN). Hal tersebut dikatakan Ketua Forum Pemuda Peduli Pendidikan Kota Banjar Diky Agustaf.

Namun, kata dia, yang menjadi persoalan saat ini adalah tingkat kesejahteraannya jauh dari kata layak. Diky Agustaf menilai perlu ada transformasi kebijakan, khususnya di daerah untuk menciptakan kesejahteraan guru honorer.

Baca juga : Bendungan Leuwi Arit Banjarsari Ciamis Tersumbat Sampah, 55 KK Terdampak Banjir

Di Kota Banjar, kata dia, saat ini tenaga honorer guru masih banyak yang mendapat upah di bawah Rp 1 juta per bulannya. “Bahkan saat ini kondisinya, guru honorer sedang memperjuanhan kesejahteraannya.

Baru-baru ini mereka (guru honorer SD, SMP) sudah menyampaikan surat audensi ke gedung DPRD Kota Banjar, tujuannya ingin ada perhatian dan peningkatan upah layak,” kata Diky Senin (2/3).

Diky ingin apa yang diperjuangkan para guru honorer berhasil. “Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) juga sebetulnya harus bisa mendukung kesejahteraan tenaga honorer, karena dari aturan juga BOS bisa dianggarkan untuk dana operasional maksimal 50 persen dari total BOS.

Loading...

Dana operasional salah satunya untuk menggaji tenaga honorer dengan nilai yang laik,” ungkapnya.

Ia menilai regulasi dana BOS yang memberikan maksimal 50 persen digunakan untuk honor tenaga honorer, setidaknya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. “Setidaknya bisa diberikan 30 persen untuk menaikan kesejahteraan mereka.

Kemendikbud menggelontorkan aturan seperti itu tidak semata-mata tanpa perhitungan, kami yakin aturan itu telah melalui perhitungan juga, tinggal kebijakan kepala sekolah selaku pemegang kebijakan mengenai penggunaan dana bos tersebut,” ungkapnya.

Dengan angka di 30 persen untuk upah tenaga honorer, ia yakin ada peningkatan kesejahteraan bagi para honorer. (cep)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Harus ada juknisnya apa di hitung perjam, sebutkan satu jam berapa di bayar jadi jelas berapa yg diterima oleh guru honor setiap bulannya
    Malah saya dengar hanya di bayarkan yg 24 jam saja, jadi yg jam banyak atau berkebih tak dibayarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.