Dana BOS Jadi Rp 550 Ribu Per Siswa

45
0
ABADIKAN. Anggota Komisi 5 DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Suryana SE (kopiah hitam) diforo bersama dengan masyarakat di Kecamatan Tarogong Kidul, kemarin (7/12). Yana Taryana / Rakyat Garut
ABADIKAN. Anggota Komisi 5 DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Suryana SE (kopiah hitam) diforo bersama dengan masyarakat di Kecamatan Tarogong Kidul, kemarin (7/12). Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Suryana SE menyebutkan bahwa bantuan operasional sekolah (BOS) naik dari Rp 500 ribu menjadi Rp 550 ribu per siswa per tahunnya.

Hal ini berdasarkan kesepakatan Komisi V dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung program pendidikan.

Selain itu, Komisi V juga bersepakat dengan Pemprov Jabar bahwa untuk 2020, biaya bulanan siswa seluruh SMA dan SMK Negeri serta SLB dibebaskan.

“Kami setujuin dengan catatan gubernur harus bertanggung jawab menjamin kelangsungan kegiatan sekolah dengan segala konsekuensinya,” tutur dia saat melaksanakan reses di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (7/12).

Di sektor kesehatan, kata dia, Komisi V juga berjuang mendorong pemprov untuk memberikan jaminan kesehatan bagi warga miskin yang tidak memiliki BPJS. Pemprov pun mengalokasikan anggaran sebesar Rp 54 miliar untuk para pengguna SKTM itu.

“Anggaran sebesar itu diperuntukkan enam RSUD milik pemprov termasuk RSUD Pameungngpeuk,” ujar Ade.

Adapun selama tiga bulan melaksanakan tugas di DPRD Jabar, Komisi V juga berperan penting dalam penetapan APBD Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 46,4 triliun.

Sementara itu, dalam reses tersebut, Ade menampung aspirasi dari masyarakat, guru, tokoh agama, tokoh pemuda, para kepala desa, mahasiswa dan perwakilan pesantren di delapan titik. Semua aspirasi itu akan dibawa dan dibahas di DPRD.

“Selain menampung aspirasi, kita juga menyosialisasikan tentang tugas pokok dan fungsi DPRD Jawa Barat, serta mitra kerja komisinya,” kata politisi PAN itu. (yna)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.