Dana Kelurahan Digunakan Serempak untuk Seragam

336
0
Iwan Darmawan Ketua Forum Lurah Kota Tasikmalaya. RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Ketua Forum Lurah Kota Tasikmalaya Rd Iwan Darmawan menyatakan, dana kelurahan dari pemerintah kota (pemkot) sudah cair dan digunakan. Pernyataan tersebut menanggapi perihal ketidaktahuan DPRD terkait proses pencairan dana kelurahan.

Menurut Iwan, dana kelurahan digunakan secara serempak untuk pengadaan seragam linmas, ketua RT dan RW. Pengadaan tersebut sesuai dengan perencanaan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda).

“Kalau seragam sudah beres, itu jelas di Bappeda-nya juga ada,” ujar Lurah Yudanagara ini kepada Radar, Senin (17/6).

Adapun mengenai petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak-juknis) pengelolaan dana kelurahan yang sudah ada itu untuk diberlakukan 2020 di mana pengelolaan dana langsung dilakukan oleh kelompok masyarakat (pokmas). Jika pokmas tidak sanggup, pengelolaan dana bisa diserahkan ke pihak ketiga agar pembangunan tetap berjalan.

Dia menyebutkan, tahap selanjutnya, dana kelurahan akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan, gorong-gorong dan kirmir. “Pokmasnya sudah kami siapkan tinggal di-SK-kan,” ujar dia.

Mengenai anggapan pencairan dana kelurahan terkesan tergesa-gesa, Iwan menyatakan tidak begitu kesulitan untuk menggunakan dana tersebut. Pasalnya, ada beberapa usulan di Musrenbang yang belum terakomodir. “Alhamdulillah enggak ada kendala,” katanya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tasikmalaya Hanafi menerangkan, juklak-juknis penggunaan dana kelurahan bukan hanya untuk 2020. “Juklak-juknisnya buat 2019, 2020 dan seterusnya,” ujarnya saat dihubungi Radar.

Hanafi belum bisa memberikan banyak penjelasan mengenai dana kelurahan itu. “Besok saja kita ketemu supaya lebih jelas,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.