Dana Pesantren Kilat Hampir Rp 1,5 Miliar

273
0
PESANTREN KILAT. Pemkab Pangandaran membahas program pesantren kilat bersama para ulama dan pejabat kecamatan di Aula Pemkab, Kamis (17/5). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PARIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran akan melaksanakan kegiatan pesantren kilat bagi para pelajar SD SMP untuk mengisi kekosongan selama bulan Ramadan.

“Jadi sekarang ini ada 51 ribu siswa yang nantinya akan diikutsertakan dalam kegiatan pesantren kilat. Sementara untuk SMA kemungkinan ada kegiatan khusus dari provinsi,” jelas Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/5).

Pesantren kilat kemungkinan dilaksanakan pada tanggal 27 Mei sampai dengan 7 Juni.

“Untuk anggaran yang disediakan hampir mencapai Rp 1,5 miliar dengan hitungan Rp 25 ribu siswa yang tidak mondok dan Rp 90 ribu untuk siswa yang mondok. Tapi itu untuk sementara ya,” terang dia.

Indeks dari kegiatan pesantren kilat tersebut, kata Jeje, untuk satu tempat minimal 100 orang.

“Tidak boleh kurang. Satu tempat harus seratus. Kecuali di tempat yang terpencil atau sulit dijangkau,” ujarnya.

Untuk tempat kegiatan, lanjut Jeje, tidak boleh diadakan di sekolah. Tetapi tempat khusus. Seperti madrasah, masjid atau pesantren.

“Semuanya harus dilaksanakan di luar sekolah,” katanya.

Untuk masalah teknis, tempat dan sebagainya, kata dia, ia meminta pihak kecamatan dan lembaga terkait untuk melaksanakan rapat pembahasan mengenai pelaksanaan pesantren kilat.

“Camat, UPT Pendidikan dan lembaga terkait untuk membahasnya secepat mungkin. Ya harus diselesaikan selama empat hari,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran Surman mengatakan jadwal pesantren disesuaikan setelah kegiatan ujian kenaikan bagi siswa kelas IX-X.

“Jadi sebelum kegiatan harus segera dibagikan rapor,” tuturnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.