Dano Berpotensi Jadi Desa Wisata

58
0
DISAMBUT WARGA. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman menghadiri kegiatan P2WKSS di Kampung Patrol Desa Dano Rabu (20/11). Yana Taryana / Rakyat Garut

LELES – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman optimistis Desa Dano tak akan jadi desa tertinggal. Perubahan mental masyarakat jadi yang paling penting setelah pembangunan infrastruktur.

“Dulu banyak orang merasa malu tinggal di Dano. Suka jadi bahan ejekan. Sekarang terbalik sudah bangga jadi orang Dano,” kata Helmi usai kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kampung Patrol Desa Dano Rabu (20/11).

Pihaknya pun memberi pelatihan kepada masyarakat, terutama kaum ibu. Mulai dari pelatihan menjahit, memasak hingga merias. Bahkan pelatihan memadamkan api. “Waktu pertama ke sini (Dano, Red), masih ada MCK helikopter (toilet di atas kolam). Sekarang toiletnya sudah rapi. Perilaku masyarakat modern yang tampil sekarang,” ucapnya.

Ke depan, kata dia, Dano berpotensi jadi desa wisata. Banyak hal yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. Terutama suasana alamnya yang sangat indah. “Jalan juga sudah bagus. Sudah dibeton semuanya. Dulu ke sini, offroad jalurnya. Jalan yang bagus, buat masyarakat gembira. Paling besar pengaruh jalan itu,” ujarnya.

Kepala Desa Dano Asep Saepuloh menyebut desa yang dipimpinnya mulai ditata. Setelah jalan masuk ke desa dibeton, geliat ekonomi warga pun lebih baik. “Dulunya untuk kirim hasil tani ke Leles bisa tiga jam. Sekarang cuma satu jam. Kami juga ingin kembangkan potensi di Dano khususnya pariwisata,” ucapnya.

Pihaknya ingin mengembangkan wisata di Dano. Curug Ciharus dan ternak domba bisa jadi potensi wisata unggulan. Namun perlu penataan agar bisa berkembang.

Loading...

“Di sini juga ada bekas danau seluas lima hektare. Makanya disebut Desa Dano, karena dulunya ada danau. Cuma sekarang sudah kering. Lokasinya juga jauh di atas gunung,” ujarnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.