Dapat Radiogram Langsung Bergegas

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-H Uu Ruzhanul Ulum hari ini (5/9) dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan akan digabungkan dengan sembilan gubernur terpilih lainnya seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.
Informasi dilantiknya pa­sangan Rindu tersebut berdasarkan surat keputusan Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (4/9).

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang dipercepat karena rencana awal pelantikan pada 27 September mendatang.
“Ya besok (hari ini, Red) pelantikan, saya plong usai dapat radiogram dari Kemendagri,” ujar Uu saat ditemui Radar di kediamannya di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Selasa (4/9).

Dia pun langsung bergegas dan mempersiapkan barang-barang serta pakaian yang akan dipakai nanti. “Saya menginap di Hotel Borobudur Jakarta bersama Kang Emil. Doakan semoga semua lancar,” ungkapnya.

Sebelum berangkat menuju Jakarta, Uu terlebih dahulu meminta doa dari orang tuanya KH Sholeh Nasihin dan Hj Enung Mutmainnah Affandy serta keluarga besar. Kemudian berziarah ke makam almarhum KH Khoer Affandy di komplek pemakaman Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Karir Politik Melesat
Sepak terjang H Uu Ruzhanul Ulum di politik dimulai saat usia menginjak 18 tahun. Saat itu, Uu bertugas sebagai pengurus Ranting PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Perlahan tapi pasti lelaki yang akrab disapa Kang Uu tersebut mampu menjadi Bupati Tasikmalaya.

Uu lahir di Tasikmalaya, 10 Mei 1969. Dia menghabiskan masa sekolah di kota kelahirannya dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
Selain sekolah umum, Uu juga mengenyam pendidikan di pondok pesantren yang dimulai dari Ponpes Bantar Gedang, Ponpes Miftahul Huda Ustmaniyah, Ponpes Baitul Hikmah Haurkoneng Salopa, dan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya pernah dilakoninya.

Setelah lulus kuliah jurusan ekonomi di Universitas Siliwangi (Unsil), Uu sudah bisa duduk di kursi DPRD Tasikmalaya. Bahkan, pada periode berikutnya yakni tahun 2004-2009 menjadi Ketua DPRD Tasikmalaya. Tahun 2009, ia kembali menjadi anggota DPRD periode 2009-2011.

Pada 2011, saat usianya menginjak 42 tahun, Uu yang memiliki ciri khas dengan memakai peci putih serta memiliki hobby mobil tua ini mencoba peruntungannya dengan mengikuti pemilihan Bupati Tasikmalaya.

Saat itu, ia berpasangan dengan Ade Sugianto dan berhasil keluar sebagai pemenang di Pilkada Tasikmalaya 2011. Uu dan Ade menjadi Bupati dan wakil Bupati Tasikmalaya periode 2011-2016.
Setelah itu, Uu kembali terpilih menjadi Bupati Tasikmalaya untuk periode 2016-2021.  Uu dan pasangannya, terpilih setelah menjadi calon tunggal dengan meraih 62 persen suara.

Uu dan Ade dilantik di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Uniknya setelah dilantik, pendukung Uu juga menggelar deklarasi untuk maju menjadi calon gubernur Jabar periode 2018.
Niatnya belum terpenuhi sepenuhnya, Uu hanya maju menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil. Pasangan ini diusung oleh PKB, PPP, Nasdem, dan Hanura dalam pertarungan Pilgub Jabar 2018.

Hingga akhirnya Uu terpilih menjadi wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil untuk periode 2018-2023. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.