Beranda Tasikmalaya Dapat Sepuluh Ribu Instalasi Listrik Gratis

Dapat Sepuluh Ribu Instalasi Listrik Gratis

102
BERBAGI

KARANGNUNGGAL – Kabupaten Tasikmalaya akan mendapatkan pemasangan 10 ribu listrik gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki aliran sendiri. Hal itu diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat kunjungannya ke Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal, Kamis (12/7).

Rini mengatakan ingin melihat langsung pemasangan listrik gratis di Kabupaten Tasikmalaya yang jumlahnya mencapai 10 ribu rumah. Program ini berhasil direalisasikan berkat kerja sama antara PT Pertamina dan PT PLN.

“Saya berinisiatif untuk mengumpulkan seluruh BUMN, melalui program sinergi BUMN untuk membantu masyarakat kurang mampu secara langsung (dalam bidang listrik, Red). Karena Presiden Joko Widodo mengharapkan seluruh BUMN bersinergi untuk membantu masyarakat yang tidak mampu,” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Berdasarkan data dari PLN dan Pertamina, kata dia, masih banyak warga di daerah terpencil yang belum memiliki aliran listrik mandiri. Melihat data tersebut, pihaknya langsung merealisasikan program sambungan listrik gratis yang dimulai secara simbolis di Kecamatan Karangnunggal.

“Kita mulai di Tasikmalaya, di sini (Karangnunggal, Red) masih banyak warga yang belum mampu memasang sambungan listrik sendiri. Nah, kita bantu melalui sinergi perusahaan BUMN. Kebetulan Dirut Pertamina orang Tasik dan Dirut PLN orang Jabar,” terangnya.
Nantinya, lanjut dia, penerima manfaat tidak perlu membayar biaya pemasangan aliran listrik karena semuanya disubsidi oleh Pertamina dan PLN. “Peneriman hanya tinggal membayar token saja setiap bulannya,” katanya.

Dirut SDM PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya memberikan subsidi 50 persen dari jumlah 10 ribu untuk pemasangan listrik gratis di Kabupaten Tasikmalaya.
“Kita pasang instalasi listrik gratis melalui program sinergitas BUMN. Kita jamin seluruh rumah yang kurang mampu dan belum memiliki aliran listrik akan mendapatkannya secara gratis,” ungkapnya .

Di tempat yang sama, Dirut PT PLN Sopyan Basri menjelaskan akan segera merealisasikan pemasangan instalasi listrik gratis sampai akhir tahun ini. “Di Jawa Barat melalui program sinergitas BUMN sebanyak 316.947 rumah akan terpasang listrik gratis,” tandasnya. (ujg)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.