Daun Brotowali Atasi Infeksi Pencernaan

15
0

MAKASSAR – Daun Brotowali sudah sejak lama digunakan sebagai bahan minuman tradisional. Alumnus Farmasi Universitas Muslim Indonesia, melakukan penelitian terkait profil bioautografi ekstrak etanol daun brotowali terhadap penyebab infeksi saluran pencernaan.

Hasilnya daun brotowali dapat menghambat bakteri penyebab infeksi saluran cerna. Selain itu, bermanfaat sebagai obat rematik, memar, demam, sakit kuning, cacingan, kolera dan batuk.

Penelitian awal dilakukan ekstraksi maserasi dengan menggunakan alat pengering rotavapor untuk senyawa yang tidak tahan terhadap pemanasan.

“Teknik ini menjaga kandungan metabolit sekunder yang tidak stabil terhadap pemanasan. Juga pemisahan senyawa lebih baik dan cepat dibandingkan menggunakan metode lain dan perawatannya cukup sederhana,” terangnya.

Sebanyak 200 gram sampel dilarutkan dengan etanol 96 persen sebanyak 2000 mili liter dan dimaserasi selama tiga hari kemudian di dapat hasil ekstrak sebanyak 17,09 gram.

Setelah diperoleh ekstraknya, dilakukan pengujian skrining yaitu untuk mengetahui pada konsentrasi 0,1 persen dan 0,2 persen. Hasil diperoleh 0,1 persen dan 0,2 persen dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Kemudian dilanjutkan dengan pengujian aktivitas antibakteri secara KLT pada konsentrasi 0,1 persen. Sebelum itu, dilakukan dahulu proses elusi untuk memisahkan senyawa yang terdapat pada ekstrak etanol.

Diperoleh hasil terdapat empat bercak yang dapat menghambat pertumbuhan escherichia coli, salmonella typhi, dan bakteri vibrio cholerae serta terdapat lima bercak yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri shigella dysentriae. (ind/dni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.