Debat Calon Bupati Tasik & Wakilnya Akan Disiarkan Langsung di Radar Tasikmalaya TV

1172
0
Loading...

TASIK – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tasikmalaya 9 Desember 2020 memasuki fase debat publik. Panggung ini diharapkan menjadi arena adu gagasan serta visi-misi pasangan calon (paslon).

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya telah mempersiapkan pelaksanaan debat calon yang dilaksanakan Kamis malam (5/11) sekitar pukul 19.30.

Kegiatan tersebut, nantinya akan dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang disiarkan langsung melalui Radar TV Tasikmalaya, radio dan media sosial resmi milik KPU.

Dengan tema debat yakni Pembangunan Ekonomi, Sarana Prasarana dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Kepemimpinan Politik Menuju Adaptive Governance.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengatakan debat calon akan berlangsung selama 150 menit atau dua jam setengah.

Untuk itu, pihaknya meminta keempat pasangan calon diharapkan datang setengah jam sebelum pelaksanaan acara.

“Karena ketika telat hadir lebih dari 19.30, tanpa alasan jelas atau sakit maka akan disanksi (tidak diikutsertakan dalam debat, Red),” ujarnya kepada Radar, Selasa (3/11).

Loading...

Selain sanksi tidak boleh ikut debat bagi yang telat hadir, kata Zamzam, pihaknya akan memberikan sanksi administrasi berupa tidak akan memfasilitasi iklan sosialisasi calon baik di media elektronik dan cetak.

”Maka kita harap, semua pasangan calon bisa mengikuti aturan main dan tata tertib acara yang telah disiapkan,” paparnya.

Dia berharap debat publik ini, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh keempat pasangan calon. Untuk memaparkan visi misi serta program kerja selama lima tahun ke depan.

”Saya harap masyarakat betul-betul bisa mengikuti ajang debat ini, sebagai bahan dalam menentukan pilihan saat pencoblosan 9 Desember 2020,” ungkapnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Pengawasan, Fachrudin SAg menambahkan durasi waktu debat calon selama 150 menit.

Yakni untuk 120 menit waktu debat dan 30 menit penayangan iklan-iklan KPU kaitan dengan Pilkada Tasikmalaya.

“Dalam debat calon ini, yang hadir akan dibatasi. Paling utama yang wajib hadir yakni keempat pasangan calon, empat orang dari setiap perwakilan tim pasangan calon, lima orang komisioner dari KPU dan dua orang dari komisioner Bawaslu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Istianah mengatakan untuk panelis atau tim penyusun materi pasangan calon berjumlah empat orang.

Semua berasal dari kalangan akademisi, mereka adalah Asep M Tamam SAg, MAg , Subhan Agung SIp,MA, Hj Endik Nurliawati S Kep, M Kep dan Dr Ani Heryani S Sos MSi.

“Nantinya, selain pasangan calon dapat pertanyaan dari panelis yang disampaikan oleh moderator, juga saling tanya atau head to head antar pasangan calon teknis,” terang dia.

Tujuan debat calon, kata dia, menyebarluaskan profil, visi, misi serta program kerja para pasangan calon kepada pemilih dan masyarakat umum. Agar menjadi informasi secara menyeluruh kepada pemilih, sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihan.

“Dan tentunya untuk menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka,” pungkasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.