Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Dede: Saya Sebagai Kader Pantang Mundur Musancab Ajang Memanaskan Mesin Partai Demokrat

Dede Sudrajat Diminta Jadi Cabup

94
0
BERINCANG. Ketua DPC Partai Demokrat Ferry Willyam, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar Wawan Setiawan, Ir H Dede Sudrajat dan Ichwan Nurjaman berbincang usai pembukaan Musancab se-Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/10). YANGGI F IRLANA / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat Wawan Setiawan secara tegas meminta Ir H Dede Sudrajat untuk maju menjadi calon bupati (cabup) di Pilkada 2020. Hal itu disampaikan saat pembukaan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) se-Kabupaten Tasikmalaya di Hotel Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Minggu (6/10).

Kata Wawan, DPD dan DPP Partai Demokrat satu suara dan pandangan bahwa yang harus maju menjadi cabup atau cawabup di pilkada serentak adalah kader internal. Kebetulan untuk Kabupaten Tasikmalaya ada nama Dede Sudrajat yang merupakan kader internal. Dia sudah cukup berpengalaman di dunia politik dan pada pencalonannya di Pileg 2019 menjadi DPR RI meraih suara banyak walaupun belum beruntung. “Jadi ini (Dede Sudarajat, Red) adalah aset kami, Partai Ddemokrat di Kabupaten Tasikmalaya. Seyogyanya berminat (mencalonkan) kami sangat senang,” katanya kepada Radar, kemarin.

Menurut Wawan, memang dari kader internal tidak hanya ada Dede Sudrajat yang layak diusung jadi cabup atau cawabup. Seperti Ichwan Nurjaman, Ferry Willyam dan yang lainnya. Namun, semua itu tetap harus melihat dulu konstelasi politik terbaru.

“Kami coba dulu mengusung kader internal untuk Pilkada 2020. Namun, kalau memang tidak ada harus mencari dari luar dengan catatan harus ber-KTA Partai Demokrat,” ujarnya.

Bicara koalisi, kata dia, jelas Partai Demokrat di Kabupaten Tasikmalaya harus mencari partner untuk mengusung pasangan calon ke KPU, karena raihan kursi di Pileg 2019 sebanyak lima tidak cukup. Namun, sejauh ini belum ada keputusan dengan partai mana harus berkoalisi di pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Soal koalisi, kami di DPD dan DPP tidak akan intervensi kepada DPC, karena akan lebih mengakomodir usulan di daerah. Silahkan DPC melakukan komunikasi politik sebaik-baiknya dengan partai mana pun untuk membangun koalisi,” ucapnya, menegaskan.

Kata dia, untuk koalisi sangat terbuka, apakah itu bergabung ke petahana atau membuka gerbong baru. Namun, yang pasti harus mengusung kader internal. Baik pada posisi cabup atau cawabup. “Kalau menurut saya Demokrat Kabupaten Tasikmalaya banyak kader yang mumpuni, jadi tidak perlu bingung menentukannya,” ujarnya.

Selain itu, Wawan meminta semua kader mampu bekerja untuk bisa memenangkan Demokrat pada pesta demokrasi lima tahunan ini. “Jadi konteks musancab kali ini salah satunya sesuai dengan AD-ART dan memanaskan mesin partai untuk menghadapi Pilkada 2020. Semuanya harus solid dalam turun ke masyarakat memenangkan calon dari Demokrat,” harapnya.

Tempat yang sama, Ir H Dede Sudrajat mengapresiasi atas kepercayaan dari DPD Partai Demokrat Jabar yang memintanya maju menjadi cabup di Pilkada 2020. Karena permintaan ini datangnya dari sekretaris DPD berarti tidak main-main. “Secara pribadi saya sebagai kader Demokrat pantang mundur, tapi lihat kondisi politik dulu,” katanya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST menambahkan, soal koalisi memang sejauh ini DPD dan DPP tidak pernah ada intervensi apa pun. Maka dari itu, pihaknya terus membangun komunikasi politik jelang Pilkada 2020 dengan semua partai. Namun, pihaknya selalu memberikan informasi secara objektif baik tentang figur dan koalisi di daerah. “Kami selalu sampaikan informasi yang objektif, baik untuk figur dan partai yang akan diajak koalisi. Karena target kami menan di Pilkada 2020,” katanya.

Soal kader internal, kata Ferry, memang sejauh ini yang menjadi prioritas untuk diusung menjadi cabup dan cawabup pada pesta demokrasi lima tahunan ini. Namun, apabila tidak ada kader internal yang siap, pihaknya akan mengkaderkan figur terbaik untuk diusung. “Termasuk kami pun dalam waktu dekat ini akan membuka pendaftaran untuk menjarang kader atau figur terbaik,” katanya. (yfi/ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.