Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

DEEP : Demi Demokrasi, Jangan Ada Calon Tunggal

25
0

PANGANDARAN – Lembaga pemantau pemilu Democracy and Electoral Empowermen Partnership (DEEP) Kabupaten Pangandaran mendorong partai politik (parpol) di Pangandaran mengusung kader terbaiknya dalam perhelatan Pilkada 2020.

Koordinator DEEP Kabupaten Pangandaran Muhammad Supriyo mengatakan pihaknya berharap ada usaha dari parpol memunculkan kader terbaik mereka, dalam kontestasi Pilkada. Guna meminimalisasi terjadinya calon tunggal.

”Karena jika hanya ada satu calon tunggal, akan mengurangi hakikat kontestasi demokrasi elektoral,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (10/7).

Menurutnya, masyarakat tidak akan diberi kesempatan memiliki banyak pilihan lain, jika hanya ada satu calon. ”Dalam Undang-Undang kotak kosong memang dibolehkan, tapi kan hakikatnya kotak kosong itu bukan peserta pemilu,” ucap dia.

Lanjut Supriyo, sudah saatnya parpol di Pangandaran menyiapkan dan menakar kandidat yang dianggap berpotensi. ”Walaupun pelaksanaanya baru tahun 2020 mendatang, tidak salahnya mempersiapkan dari sekarang, supaya lebih matang,” tuturnya.

Selain itu, Supriyo menyampaikan Pilkada di Kabupaten Pangandaran harus bersih dan bermartabat dalam setiap tahapannya.

”Saya minta kepada penyelenggara pemilu baik itu KPU, Bawaslu untuk melakukan perencanaan tahapan dan kinerja secara matang,” ungkap dia.

Sehingga, potensi munculnya pelanggaran dari peserta pemilu ataupun partisipan bisa diminimalisir. ”Beberapa pelanggaran yang sering terjadi adalah politik identitas, politik uang, penyebaran informasi yang tidak jelas (hoaks,Red) dan keterlibatan PNS dalam politik praktis,” bebernya.

Peta kerawanan politik harus dibuat dari sekarang oleh Bawaslu. ”Peta kerawanan ini penting dan harus disiapkan jauh–jauh hari, harus bisa dipastikan mana saja yang masuk,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.