Dehidrasi Berat Sebabkan Gagal Ginjal

202
0

PANGANDARAN – Gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana organ tersebut tidak lagi menjalankan fungsi sebagai mestinya. Biasanya gagal ginjal disebabkan oleh dehidrasi berat, penyakit berat dan lain-lain.

Dokter umum Puskesmas Parigi dr Nata Sanjaya mengatakan gagal ginjal terbagi menjadi dua yakni gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut.

”Kalau gagal ginjal akut biasanya cepat terjadi, kalau gagal ginjal kronis akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Gagal ginjal akut masih ada kemunginan untuk sembuh jika mendapat penanganan cepat, kalau gagal ginjal kronis sifatnya permanen,” jelasnya kepada Radar, Sabtu (16/11).

Lanjut dia, gagal ginjal kronis biasanya baru bisa disadari saat melakukan check up ke dokter. ”Biasanya tanda-tanda gagal ginjal itu seperti kaki bengkak, anemia atau kurang darah, tensi sering tinggi dan lain-lain,” ujarnya.

Menurutnya, saat seseorang mengalami gagal ginjal biasanya organ vital tersebut tidak lagi memproduksi urine dengan normal, kemudian tidak lagi bisa menyaring racun di dalam darah. ”Jadi biasanya penderita gagal ginjal ini harus melakukan cuci darah,” ucapnya.

Lanjut dia, penyakit gagal ginjal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti dehidrasi berat, obesitas, hypertensi dan diabetes militus.

Loading...

”Biasanya kalau penderita gagal ginjal ini jangan terlalu banyak minum air, karena si ginjal ini tidak bisa menyerap air untuk dibuang,” ujarnya.

Gagal ginjal bisa menyerang siapa saja, segala usia beresiko mengalami gagal ginjal. ”Gaya hidup yang sehat tentu bisa meminimalisir terjadinya gagal ginjal,” tuturnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.