Dekat Pintu Tol di Jalan Sewaka Kota Tasik Bakal Dibangun Ini..

2763
0

KOTA TASIK – Perencanaan pembangunan Tol Bandung, Tasikmalaya, Cilacap (Baticap) terus dipersiapkan pemerintah.

Setelah dipastikan beroperasi 2024 dan bulan ini mulai proses lelang, rencana di sekitar Pintu Tol di Kota Tasik pun telah dipersiapkan.

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun di lapangan, di sekitar pintu tol yang berada di Jalan Sewaka Kecamatan Kawalu tersebut, akan dibangun kawasan Industri.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasik, Dindin Saefudin Ahmad.

Kata dia, pembahasan soal Kawasan Industri telah dilakukan pihaknya beberapa kali. Maka dari itu proses perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terus dikebut.

“Termasuk kawasan industri dibahas. Karena visi kita sebagai pusat dan kawasan industri termaju di Pringan Timur di rencana jangka panjang, maka memang kita akan menambah ruang untuk kawasan peruntukan industri,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Senin (13/07) pagi.

Loading...

Dia pun membenarkan jika kawasan industri itu akan berdekatan dengan pintu tol.

Sebab, kawasan industri memerlukan akses tol. Walaupun demikian, keberadaan kawasan industri nantinya tak mengganggu pintu tol.

“Ya dalam beberapa kali diskusi kita ya didekatkan aksesnya kawasan industri itu ke tol. Karena industri harus punya akses yang bagus. Tapi tetap tak mengganggu fungsi lain dari pintu tol itu,” terangnya.

Dia menambahkan, yang pasti perencanaan itu semua akan disesuaikan dengan revisi RTRW. Dan kaitan dengan tol di dalam RTRW sebetulnya telah berproses dan terus berjalan sejak 2017 lalu.

“Namanya tata ruang kan harus komprehensif. Memang dengan adanya tol masuk kota mempengaruhi tata ruang. Gambaran umumnya memang kalau kita lihat rencana pusat dari trase yang melintasi wilayah kita memang ada di areal pesawahan,” tambahnya

Yang penting, jelas dia, pola ruangnya di RTRW tetap dibagi-bagi sesuai kebutuhan walaupun areal pesawahan akan tergerus trase tol.

“Yang penting tata ruang kita sesuai dengan visi RPJMD. Itu yang harus kita pertahankan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.