Dekatkan Hubungan dengan Masyarakat

277
0
ANTO SUGIARTO / RADAR TASIKMALAYA LAUNCHING. Koordinator Pencegahan dan Pengawasan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin (tengah) menggunting pita Pojok Pengawasan Panwaslu Kota Banjar disaksikan anggota Bawaslu Jabar Wasikin dan Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman Sabtu (30/12).

BANJAR – Panwaslu Kota Banjar meresmikan Pojok Pengawasan di kantornya yang terletak di belakang Kantor Kecamatan Purwaharja Sabtu (30/12). Peresmian dipimpin Koordinator Pencegahan dan Pengawasan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, anggota Bawaslu Jabar Wasikin dan Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman.
“Ini sesuai instruksi dari pusat untuk mendekatkan hubungan masyarakat dengan pengawas. Salah satunya dengan membuat titik-titik pertemuan yang mudahkan dalam pengawasan Pilkada,” ungkap Mochammad Afifudin usai acara peresmian kemarin.
Dia menjelaskan peresmian pojok pengawasan dilakukan di semua provinsi dan kabupaten / kota. Selain untuk menghadapi pilkada serentak, Pojok Pengawasan juga diperuntukkan mengawasi proses menuju Pemilu 2019. Tempat ini diharapkan menjadi wadah sinergitas Panwaslu dengan masyarakat. Sehingga, proses pemilu di daerah bisa lebih termonitor.
Kehadiran Pojok Pengawasan diharapkan membuat proses pelaporan pelanggaran pemilu oleh masyarakat melalui pengawasan partisipatif lebih cepat. “Dulu, kita tidak ada pengawasan sampai tingkat TPS. Tapi sekarang, semua harus terlibat dalam pengawasan Pilkada dan Pemilu,” katanya.
Afifudin menegaskan saat ini Bawaslu sudah dalam posisi aktif melawan politik uang. Tidak pasif seperti dulu. Karena itu Bawaslu melalui Panwaslu di daerah menggandeng masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif guna mempersempit pelanggaran pemilu. Terutama politik uang atau money politic. Selain itu, Bawaslu juga memerangi penggunaan isu SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan) dalam kampanye. “Hal itu (merupakan) salah satu atau dua dari yang mempunyai daya ledak yang bisa merusak jalannya pesta demokrasi lima tahunan,” jelasnya.
Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman menambahkan Pojok Pengawasan merupakan tempat berkumpulnya semua elemen masyarakat yang aktif ikut mengawasi jalannya Pilkada serentak dan Pilgub 2018, serta Pemilu 2019. “Siapa pun itu, tanpa terkecuali, bisa datang ke Pojok Pengawasan untuk sharing terkait tahapan Pilkada,” tandasnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.