Deklarasi ARWT untuk Jokowi-Ma’ruf Dipertanyakan

255

CIHIDEUNG – Perintis Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Kota Tasikmalaya Asep Marjuk menyesalkan adanya deklarasi ARWT mendukung Capres-Cawapres, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin tanpa musyawarah.

Menurut Asep, dalam aturan organisasinya, setiap keputusan politik harus dimusyawarahkan terlebih dahulu. Sementara, deklarasi yang dilaksanakan di Gelanggang Generasi Muda (GGM) Kompleks Olahraga Dadaha pada Minggu (17/2 itu tidak melibatkan pengurus inti. “Kita tidak ada rapat khusus membahas itu. Tapi, tiba-tiba tahu dan ramai di media maupun medsos ARWT deklarasi,” ujarnya kepada Radar, Senin (18/2).

Ketua Harian ARWT Kota Tasikmalaya itu sebetulnya mempersilahkan setiap anggota untuk menentukan pilihannya dalam pilpres. Hanya, ketika ingin mendukung atas nama organisasi harus hasil kesepakatan bersama. “Saya selaku ketua harian, penggagas dan perintis ARWT tidak pernah diberi tahu agenda itu. Bisa saja ini sebelahan atau seperti apa. Yang jelas kami luruskan itu bukan keputusan ARWT secara organisasi,” tuturnya. “Jangan bawah-bawa ARWT, saya pun tidak mencontohkan hal tersebut ketika Pilkada lalu mendukung pasangan Budi-Yusuf di 2017,” tambah dia.

Asep menegaskan bahwa dirinya masih menjabat sebagai Ketua ARWT yang sah. Dia mempertanyakan sejak kapan dirinya diberhentikan atau undur diri dari ARWT. “Tidak ada itu ketua harian jadi dipegang Ketua PAC Cibeureum. Ini harus diluruskan,” ucapnya.

Saat ini, dia sebenarnya tengah fokus menyiapkan diri untuk berangkat ke tanah suci 23 Februari mendatang. Hanya saja, ketika banyak laporan dari pengurus mempersoalkan deklarasi hari lalu di GGM, dia tidak bisa tinggal diam. “Saya sedang cooling down mau ibadah. Sementara ada laporan dari beberapa pengurus mempertanyakan sikap pengurus harian mau seperti apa. Jadi siapa sebetulnya yang suka membuat hoax itu?” kata dia.

Sementara itu, bendahara ARWT Kota Tasikmalaya H Agus Jamaludin mengaku tidak mengetahui rencana deklarasi tersebut karena bukan agenda organisasi. “Memang tidak ada rapat khusus di organisasi dalam menentukan sikap politik organisasi menjelang pilpres mendatang. Kita juga tidak tahu siapa yang memutuskan deklarasi tersebut,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, ARWT Kota Tasikmalaya mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden Dan Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Gedung Gelanggang Generasi Muda (GGM) di Kompleks Olahraga Dadaha, Minggu (17/2). “Ketua RT dan ketua RW yang terlibat di sini yang merupakan para anggota berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan militer,” kata Ketua Harian ARWT Kota Tasikmalaya Mumun Mukandar kepada Radar.

Dia menjelaskan jumlah ketua RT dan RW yang terlibat sekitar 3.800 orang. Jika ditambah dengan bendahara dan sekretaris RT dan RW, maka total melibatkan sekitar 10 ribu orang. “Melalui deklarasi ini, kami menargetkan kemenangan di Kota Tasik hingga 56 persen,” kata Mumun yang juga menjabat sebagai Ketua RW 10 di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Pembina ARWT Kota Tasikmalaya H Budi Budiman mengatakan ARWT berkomitmen dalam mendukung Jokowi-Amin karena kinerjanya telah terbukti. “Jokowi terbukti mewujudkan pemerataan pertumbuhan karena tidak hanya membangun tol di Jawa namun juga di luar Jawa,” kata Wali Kota Tasikmalaya ini. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.