Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Delapan Fraksi Sudah Dibentuk

75
0
H Nanang Permana SH

CIAMIS – Pimpinan DPRD Ciamis Sementara H Nanang Permana SH menjelaskan kemarin sudah dibentuk delapan fraksi. Satu diantaranya adalah fraksi gabungan.

Delapan fraksi tersebut antara lain Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi PAN Plus (karena di dalamnya PBB satu orang dan Nasdem satu orang). Kemudian Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi PPP dan Fraksi PKB.

Kemarin juga, kata Nanang, sudah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyusun atau mengubah tata tertib DPRD.

“Mereka yang menyusun tata tertib, targetnya harus rampung pada 31 Agustus 2019,” kata Nanang kepada Radar Kamis (15/8) siang.

Adapun untuk pembentukan komisi, kata Nanang, ditargetkan kelar kurang dari dua bulan ke depan. “Mudah-mudahan semuanya lebih cepat,” ujar politisi senior PDI Perjuangan ini.

Dari semua perangkat alat kelengkapan dewan, kata Nanang, yang tidak bisa ditebak yaitu posisi untuk unsur pimpinan DPRD definitif. Sebagai pemenang Pemilihan Legislatif di Kabupaten Ciamis, PDI Perjuangan berhak menjadi Ketua DPRD Ciamis. Adapun PKS berhak menjadi Wakil Ketua DPRD, Gerindra berhak menjadi Wakil Ketua DPRD dan Demokrat berhak menjadi Wakil Ketua DPRD.

Namun demikian, untuk menentukan siapa yang akan mengisi kursi Ketua DPRD dan wakil-wakilnya, kata Nanang, ditentukan oleh dewan pimpinan pusat masing-masing dan bukan dari DPC masing-masing. “Kami DPRD juga sudah mengirimkan surat kepada DPC masing-masing, bahkan DPC masing-masing juga sudah mengajukan orang-orang ke DPP. Jadi DPC mengajukan ke DPRD Ciamis, menunggu keputusan DPP. Itu yang unpredictable (tidak bisa diduga, Red),” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC Golkar Kabupaten Ciamis Moch Aziz Basari SSos mengatakan yang pasti Golkar harus menempati alat kelengkapan dewan (AKD), sesuai dengan perolehan kursi dan menempati posisi strategis. “Maka dalam hal ini harus segera melakukan komunikasi politik antar fraksi,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.