Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Demi Sanitasi Aman 2022

18
0
BERSAMA. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman usai menerima audiensi Tim ODF Kota Tasikmalaya di ruangannya Selasa (8/10). UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA

BUNGURSARI – Pemerintah Kota Tasikmalaya berencana mengeluarkan regulasi berisi open defecation free (ODF). Hal itu untuk merealisasikan Kota Tasikmalaya menuju Sanitasi Aman pada 2022.

Wali Kota Tasikmalaya Dr H Budi Budiman menjelaskan regulasi yang akan dikeluarkan tentang larangan membuang kotoran ke sungai bentuknya Peraturan Wali Kota (Perwalkot).

“Regulasi itu saat ini kita perlukan agar bisa terealisasi untuk mencapai sanitasi aman,” kata Wali Kota kepada Radar di ruangannya usai audiensi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya, Kepala UPTD IPLT Kota Bekasi dan SNV Selasa (8/10).

Menurut Wali Kota, nantinya, Peraturan Wali Kota juga mengatur penyedotan limbah. Perusahaan swasta yang melakukan penyedotan tinja, pembuangannya harus ke tempat yang disediakan oleh pemerintah yakni Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang berada di Singkup. “Regulasi itu akan kami buat setelah pelaksanaan HUT Kota Tasikmalaya,” kata dia.

Pemerintah Kota Tasikmalaya juga akan menyiapkan anggaran untuk perluasan lahan tempat pengolahan lumpur tinja, bila tahun 2022 Kota Tasikmalaya berhasil ODF. “Karena bila sudah ODF ini harus ada penyedotan selam dua tahun sekali dan diolah agar air yang disalurkan ke sungai sudah betul-betul air aman tidak tercemar,” jelas dia.

Merealisasikan tujuan tersebut, Pemerintah Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Indonesia. “Bahkan saat ini ODF itu sedang tahapan verifikasi, selanjutnya akan ada pelaksanaan monitoring,” ujar Budi.

Budi berharap Kota Tasikmalaya bisa menjadi kota yang bersanitasi aman. Tolak ukurnya yaitu tidak ada lagi warga Kota Tasikmalaya yang membuang air besar sembarangan atau membuang air besar ke sungai. “Target kami itu bisa terealisasi pada tahun 2022,” ujarnya berharap. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.