Fraksi-Fraksi di DPRD Bahas Deni dan Tetep

138
Ferry Willyam ST

SINGAPARNA – Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya mengapresiasi kepada partai pengusung, PDIP, PAN dan PKS yang sudah mengumumkan dua nama cawabup untuk mengisi jabatan wakil bupati di sisa periode ini.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST mengapresiasi sudah munculnya dua nama cawabup walaupun belum diusulkan ke DPRD.

“Kita belum bisa menentukan sikap, karena belum diusulkan ke DPRD. Terlebih, soal pemilihan wabup ini harus dilakukan pembahasan secara internal dulu di tataran fraksi dan partai,” ujarnya kepada Radar, Kamis (21/2).

Kata Ferry, kedua nama yang sudah muncul untuk mengisi jabatan wakil bupati ini, Deni R Sagara dan Tetep Abdulatip merupakan figur politisi yang sudah berpengalaman. Apalagi, keduanya merupakan anggota DPRD, satu di kabupaten dan satunya lagi di provinsi.

“Kita apresiasi, keduanya merupakan figur terbaik mewakili internal partainya masing-masing sebagai kader terbaik yang dipilih untuk menjadi calon wakil bupati,” katanya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya H Ending Sunaryo SPd mengatakan pihaknya apresiasi kepada partai pengusung yang sudah memunculkan dua nama cawabup. Namun, fraksi dan DPD belum membahas untuk menentukan siapa yang akan dipilih dari kedua nama tersebut.

“Ini (dua cawabup, Red) belum diusulkan ke DPRD. Dan kita juga belum melakukan pembicaraan dengan anggota mau pun ada keputusan dari pimpinan Golkar ke mana arah pilihan calon wakil bupati,” katanya.

Menurutnya, Deni dan Tetep merupakan figur politisi yang cocok untuk diusung menjadi calon wakil bupati di sisa periode ini. Namun, untuk menentukan pilihannya harus menempuh proses normatif di internal partai dan fraksi.

“Kita (Golkar) sedang menunggu adanya kontrak politik, dalam artian komunikasi intens pengusung dengan Golkar sebagai pendukung. Nanti, setelah ada komunikasi akan terlihat arah Golkar ke mana pilihannya,” ungkapnya.

Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi ST mengatakan pihaknya belum menentukan arah untuk memilih kader dari PAN atau PKS dalam pemilihan calon wakil bupati. “Nanti yang memutuskannya internal fraksi dan partai. Tapi, pada intinya kita sangat mendorong segera ada wakil bupati,” jelasnya.

Sejauh ini, internal fraksi dan partai belum melakukan pembicaraan soal pilihannya dalam penentuan wakil bupati Tasikmalaya di sisa periode ini. “Bagi kami keduanya sangat layak diusung menjadi cawabup,” paparnya.

Tempat berbeda, Sekretaris Fraksi PPP Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat MSi menambahkan nama-nama cawabup yang diusulkan PAN dan PKS merupakan haknya. Namun, pihaknya berharap partai pengusung tidak melupakan pendukung dalam proses pengisian jabatan wakil bupati ini.

“Kita belum bersikap soal wabup. Namun, harus diketahui kalau PPP dan Golkar yang merupakan partai pendukung mempunyai suara di DPRD lebih besar dari PAN dan PKS. Artinya akan sangat signifikan dalam menentukan cawabup,” bebernya.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat menjelaskan secara normatif menunggu usulan secara resmi dari bupati soal dua nama yang sudah muncul, Deni dan Tetep.

“Ketika bupati (Ade Sugianto) sudah final mengusulkan dua nama, Deni dan Tetep ke DPRD, nanti kita akan bawa ke rapat Banmus dulu untuk dibahas. Soal pilihan, itu dikembalikan ke masing-masing fraksi dan diserahkan ke pribadi dewan,” ungkapnya.

Ruhimat menilai Deni dan Tetep merupakan kader terbaik PAN dan PKS sehingga diusung menjadi cawabup pada pengisian jabatan wakil bupati ini. “Deni merupakan legislator muda, sudah dua periode di DPRD. Pengalamannya sudah tidak diragukan lagi,” terangnya.

Kemudian, kata dia, Tetep merupakan politisi senior dari PKS yang sudah berpengalaman pernah menjadi anggota dewan di DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Sekarang di DPRD provinsi Jawa Barat. “Orangnya baik, pintar, seorang orator dan mubalig. Berpengalaman juga,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.