Bagian Pemerintahan Baru Terima Berkas Usulan Wakil Bupati

Deni-Heri Selangkah Lagi Dipilih Dewan

49
0

SINGAPARNA – Bagian Pemerintahan pada Setda Kabupaten Tasik­malaya sudah me­nerima berkas usulan pengisian wakil bupati (wabup) dari partai pengusung Uu-Ade, Jumat (6/12). Jadi tinggal selangkah lagi Deni R Sagara dan Heri Ahmadi dipilih oleh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya untuk mengisi kekosongan jabatan wabup di sisa periode ini.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Heri Suherman mengatakan, berkas tersebut akan ditindaklanjuti dengan melaporkannya terlebih dahulu kepada bupati dan selanjutnya dikirimkan ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya untuk ditindaklanjuti.

“Kita baru terima Jumat (6/12) ini dari perwakilan partai pengusung, nanti akan dibuat dulu berita acara untuk dilaporkan kepada bupati, selanjutnya diserahkan ke DPRD,” terang Heri kepada Radar, Jumat (6/12).

Menurut Heri, kemungkinan besar minggu ini berkas usulan tentang pengisian wakil bupati belum bisa rampung disampaikan ke DPRD. Karena Sabtu (7/12) dan Minggu (8/12) libur. “Minggu depan Senin (9/12) baru bisa kita serahkan ke DPRD,” ujar dia.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Faridz Khozin MSi mengatakan, pihaknya belum menerima berkas usulan pengisian wabup. “Yang jelas jika setwan sudah menerima surat pengusulan tersebut, pasti akan ditindaklanjuti oleh dewan dibawa ke rapat Banmus, kemudian biasanya dirumuskan pembentukan panitia teknis,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Ruchimat mengatakan, soal berkas surat usulan pengisian wakil bupati sebaiknya segera diselesaikan dan disampaikan ke dewan, agar pembahasan hingga pemilihan bisa secepatnya dilaksanakan.

“Saya mendorong minggu depan sudah dibahas di Banmus, kemudian dirumuskan pembentukan pantek dan minggu depan juga bisa diparipurnakan soal pengisian wakil bupati dan pembentukan pantek beserta keanggotaannya,” ujarnya, menjelaskan.

Menurut dia, kedua calon wakil bupati Tasikmalaya dari PAN dan PKS secara kapasitas sangat layak diusulkan menjadi wakil bupati. Namun, soal arah suara Gerindra ke mana akan dirapatkan dulu dengan semua anggota fraksi. “Nanti keputusan siapa yang akan dipilih berdasarkan keputusannya melalui forum fraksi, yang jelas kita musyawarahkan dulu sebelum memilih. Artinya kesepakatan bersama di fraksi bisa jadi langkah Gerindra memilih satu nama wakil bupati nanti,” ucapnya.

Ketua Fraksi PKB Kabupaten Tasikmalaya H Jejeng Zaenal Mutaqin menambahkan, jelang pengisian wabup pastinya melalui pembicaraan dengan anggota. “Kita belum bisa tentukan sikap akan memilih siapa, yang jelas kedua calon wakil bupati layak untuk dipilih, nanti siapa yang terpilih tergantung forum dewan di paripurna nanti,” katanya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST mengatakan sikapnya tentang pengisian wakil bupati sama seperti halnya partai lain. Artinya belum bisa memastikan suara anggota dewan atau fraksi ke siapa nanti. “Kita nanti akan membicarakannya dengan semua anggota, sikap Demokrat belum bisa dipastikan arahnya. Yang jelas kita minta segera pengisian wabup ini diisi, secepatnya jangan sampai ngaret,” papar dia. (dik)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.