Depresi Dicerai Istri, Warga Ciamis Memerlukan Bantuan

31
TAK LAYAK. Kondisi rumah yang ditempati Ajid, duda depresi di Dusun Sukamenak RT 08 RW 09 Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga tidak layak huni, Rabu (13/2). Warga bergotong royong memperbaiki rumah reyot tersebut. (Iman S Rahman / radartasikmalaya.com)

CISAGA – Seorang duda depresi, Ajid (34) di Dusun Sukamenak RT 08 RW 09 Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga membutuhkan bantuan dana rehab rumah.

Pada Rabu (13/2), warga sekitar sudah bergotong royong memperbaiki rumah panggung berukuran 5×6 meter persegi yang reyot itu.

Warga setempat, Adang (45) prihatin dengan kondisi tempat tinggal Ajid. Apalagi, tetangganya itu depresi setelah bercerai dengan istrinya beberapa tahun lalu. Dia tinggal seorang diri dan tidak pernah mendapatkan bantuan apa pun.

Warga sudah memperjuangkan bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu) ke pemerintah desa. Namun, bantuan rutilahu itu belum ada.

Meskipun demikian, desa memberikan bantuan sebesar Rp 1 juta untuk memperbaiki rumah reyot itu secara gotong royong.

“Memang bantuan belum maksimal, makanya butuh sekali bantuan dari pihak mana pun untuk membiayai rehab rumah korban,” ujar Adang yang juga sebagai Ketua GMBI Kecamatan Cisaga kepada Radar, Rabu (13/2).

Menurut Adang, rumah panggung itu langsung direhab dengan modal seadanya karena bila menunggu bantuan rutilahu khawatir ambruk dan menimpa penghuninya.

Maka dari itu, warga berinisiatif merobohkan rumah tersebut lalu membangun kembali tempat tinggal baru seraya menanti bantuan tambahan dari donatur. “Saya berharap ada bantuan kepada Ajid,” harapnya.

Selain soal rumah, Adang ingin Ajid juga diperiksa kejiwaannya. Kadang-kadang tetangganya itu bisa berkomunikasi secara normal, kadang-kadang pula mengamuk tidak karuan.

Maka dari itu, dia berharap pemerintah turun tangan memeriksa psikologi Ajid. “Kami berharap Ajid bisa kembali normal, karena dia itu orangnya dulu rajin bekerja dan baik,” tutur Adang. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.