Desa Ciparay Rawan Longsor

208
0
ANTISIPASI BENCANA. Tagana dan Dinsos Ciamis menanam pohon di Desa Ciparay Kecamatan Cidolong yang masuk salah satu lokasi rawan longsor Selasa (24/4).

CIDOLOG – Dinas Sosial Kabupaten Ciamis dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) menyerahkan seribu bibit pohon keras kepada Kepala Desa Ciparay Usep Hidayat. Bibit itu selanjutnya ditanam di sejumlah lereng dan bukit yang rawan longsor.

“Penanaman pohon ini tidak lain, salah satu bentuk pengurangan resiko bencana longsor,” ujar Kabid Balinsos Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Wawan Setiawan SH MSi saat dihubungi melalui telepon usai penanaman Selasa (24/4).

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan bibit yang ditanam merupakan pohon keras. Kelak akan berguna sebagai penahan tanah agar tidak mudah longsor.

Desa Ciparay termasuk salah satu titik rawan bencana longsor di Kabupaten Ciamis. “Bila pepohonan banyak, (maka akan) menguatkan tanah. Sehingga, tidak rentan banjir atau longsor,” katanya.

Menurut dia, sebagian besar rumah penduduk di Ciparay berada di atas bukit yang rawan longsor. Sebab itu, diperlukan penanaman pohon keras agar tanah tidak mudah mengalami erosi.

“Karena kita ketahui Desa Ciparay ini salah satu lokasi perbukitan dan menjadi rawan bencana, karena pernah terjadi longsor. Makanya sekarang ini kita penguatan dengan penanaman seribu pohon,” tuturnya.

Ade berharap warga juga mengambil langkah dalam rangka mencegah bencana. Salah satunya dengan tidak menebang pohon sembarangan dan memperbanyak tanaman kayu keras seperti mahoni, di lokasi yang rawan longsor.

“Kita himbau masyarakat yang lokasinya (lokasi rumahnya, Red) di perbukitan, agar menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya bencana alam. Salah satunya kita harus menjaga lingkungan,” imbaunya.

Kepala Desa Ciparay Usep Hidayat menyambut baik penanaman pohon keras di wilayahnya. Daerah ini pernah dilanda bencana longsor. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.