Bupati Mengajak Kepala Desa Terus Berinovasi Membayar PBB P2 dari Bumbung dan Bank Sampah

Desa Lunas PBB Dihadiahi Motor

140
0
APRESIASI. Secara simbolis Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya didampingi Wabup Yana D Putra memberikan sepeda motor kepada desa-desa yang lunas membayarkan PBB P2 2019. Penyerahan hadiah itu usai apel Hari Jadi Ciamis ke-377 di Taman Lokasana Selasa (11/6). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan belasan sepeda motor dan piagam kepada desa-desa. Penghargaan tersebut diberikan kepada 15 desa yang telah lunas dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2).

Pemberian apresiasi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi Ciamis ke-377. Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya memberikan penghargaan itu saat upacara Hari Jadi Ciamis di Taman Lokasana Ciamis Selasa (11/6).

Herdiat menjelaskan tak hanya 15 desa yang meraih penghargaan motor dan piagam, ada tiga kecamatan yang juga menerima hadiah yang sama dengan desa.

Sepeda motor tersebut nantinya akan digunakan desa dan kecamatan untuk operasional menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Hadiah motor dan piagam itu, kata Herdiat, untuk memotivasi masyarakat dan desa agar memacu melunasi PBB P2.

“Dengan harapan kami, mudah-mudahan dapat dijadikan contoh untuk desa-desa untuk terus berinovasi dalam pelunasan PBB P2,” ujar Herdiat kepada wartawan usai upacara Hari Jadi Ciamis.

Hadiah dari Pemkab Ciamis diharapkan merangsang inovasi setiap desa dalam mengumpulkan PBB P2. Jadi, pelunasan PBB P2 tanpa harus menunggu jatuh tempo sekitar bulan September.

Loading...

Salah satu inovasi yang dilakukan desa-desa peraih penghargaan yaitu desa membuat bumbung atau tabungan bambu di setiap rumah.

“Biasanya bumbung itu dibuka saat ada pembagian SPPT setiap bulan Februari, sehingga saat itu juga warga langsung bisa melunasi pajak bumi dan bangunan tersebut di awal tahun,” ujarnya.

Inovasi lainnya yaitu desa membuat bank sampah. Hasilnya digunakan untuk membayar PBB. “Tentunya desa lain terus semangat untuk bisa berinovasi,” ujarnya mengimbau.

Berdasarkan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, kata Herdiat, sampai Juni 2019, dari target PBB sebesar Rp 22,3 miliar, sudah terealisasi sekitar 51 persen. Untuk itu, Bupati mengimbau desa yang belum 100 persen menghimpun dana PBB P2 agar segera mendorong masyarakat melunasinya. “Semoga semua bisa tercapai,” kata dia berharap.

Kepala Desa Mulyasari Kecamatan Jatinagara Didin mengaku bersyukur menerima penghargaan sepeda motor dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, karena desanya telah lunas PBB P2.

Desa Mulyasari sukses melakukan inovasi agar warganya membayar PBB P2 tepat waktu. Caranya? Mereka membuat bumbung dan bank sampah di setiap rumah warga. Hasilnya, terkumpul Rp 79 juta. Maka target pembayaran PBB P2 pun 100 persen dibayar di awal tahun.

“Motornya akan kami pergunakan untuk operasional melayani masyarakat dan semoga bisa bermanfaat kami gunakan,“ ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.