Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Desa Pagerbumi Masih Tertinggal

35
0
H Jeje Wiradinata Bupati Pangandaran

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan saat ini hanya tinggal satu desa di Kabupaten Pangandaran yang masuk dalam kategori desa tertinggal.

Jeje menambahkan dari 93 desa di Pangandaran empat diantaranya berstatus mandiri, masuk kategori maju 24, desa berkembang 64 dan yang tertinggal ada satu desa.

”Target kita di tahun depan ada 30 desa yang masuk kategori maju dan yang tertinggal masuk ke dalam kategori berkembang,” ujarnya kepada Radar, Senin (2/12).

Menurut Jeje, yang sudah masuk desa mandiri atau di atas desa yang maju yakni Desa Pangandaran, Pananjung, Kalipucang dan Cimerak. ”Sementara desa yang tertinggal yakni desa Pagerbumi,” jelasnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan Pagerbumi menjadi desa tertinggal, kata Jeje, karena masalah akses atau transportasi kendaraan. ”Tapi kita sudah membangun akses ke sana di tahun ini dan diharapkan sudah selesai tahun depan,” katanya.

Dia menegaskansetidaknya ada 5 kilometer lagi jalan menuju Pagerbumi yang belum selesai pembangunannya. ”Tapi kita percepat, agar Pagerbumi masuk kategori berkembang,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan penilaian desa tertinggal berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM). ”Penilaiannya sendiri dilakukan di tingkat pusat,” jelasnya.

Peningkatan pembangunan, tambah Jeje, karena penentuan prioritas pembangunan dan peningkatan SDM menjadi salah satu faktor upaya dalam meningkatkan status sebuah desa.

“Kita akan fokus berupaya agar tidak ada desa di Pangandaran yang masuk kategori desa tertinggal,” pungkasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.