Desa Tanjungpura Siapkan Usaha Air Mineral Kemasan

3
BERPELUANG. Kepala Desa Tanjungpura Ujang Hartono menunjukkan kantor BUMDes Cahaya Mekar yang berpeluang membidangi usaha air mineral kemasan Senin (24/9).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

RAJAPOLAH – Pemerintah Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Mekar merencanakan membuat usaha air mineral kemasan dalam alokasi dana desa (DD) tahun depan. “Dipilihnya air mineral kemasan karena kita punya sumber mata air,” ujar Kepala Desa Tanjungpura Ujang Hartono kepada Radar, Senin (24/9).

Usaha ini sangat efektif, kata dia, karena tidak ribet dalam pengadaan bahan baku. Apalagi sumber mata airnya dari Gunung Tanjung yang berada di wilayah Desa Tanjungpura. “Kita hanya perlu menyediakan seperti penyaringan air supaya higienis sampai pada pengemasan,” ungkapnya.

Ujang akan mengalokasikan anggaran dana desa tahun depan untuk usaha ini sekitar Rp 300 juta. Dia optimis usaha ini bisa berkembang pesat jika melihat potensi di masyarakat. “Saat ini masyarakat untuk membeli air kemasan sudah tidak melihat brand yang penting harganya terjangkau dan kualitasnya bagus. Karena sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai acara,” terangnya.

Bicara pemasaran, Ujang sudah menyiapkan berbagai konsep melalui BUMDes. Misalnya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga pemasarannya bisa mencakup di berbagai wilayah. “Usaha ini juga sangat berpotensi menggali pendapatan asli desa,” bebernya. Selain menggali pendapatan desa, kata Ujang, usaha ini bisa menyerap lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Setelah air mineral kemasan, Desa Tanjungpura juga sudah menyiapkan konsep untuk pembuatan usaha garmen. Mengingat bidang tersebut juga potensi besar untuk dikembangkan menjadi usaha BUMDes. (obi)

loading...