Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Destinasi Wisata di Ciamis Dibuka Juni, Ini Kata Pengelola

231
0

CIAMIS –  Dalam menghadapi pandemi Covid-19 pemerintah berencana menerapkan strategi New Normal.

Untuk itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mempersiapkan untuk segera membuka kembali destinasi wisata pada pertengahan Juni 2020 mendatang.

Hal terebut dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia, sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bahwa, semua harus berbenah, karena pertengahan Juni memasuki situasi New Normal.

“Namun tetap  dengan tahapan-tahapan penting protokol kesehatan. Yang wajib ada ketika destinasi wisata dibuka adalah, tempat cuci tangan, physical distancing, aturan pengunjung pakai masker, antiseptik serta yang lainya,” papar Budi Rabu (27/5) siang.

Budi menjelaskan, selama masa persiapan pihaknya mengimbau para pengelola wisata untuk mempersiapkan mulai pintu masuk dengan pembatas antrian hingga sarana lainnya.

“Kami akan memanggil para pengelola wisata di semua level dalam waktu dekat, mulai dari  wisata alam, wisata buatan, hiburan hingga perhotelan,” ujarnya.

“Kita berharap dunia pariwisata di Ciamis tetap berjalan meski di tengah wabah Covid-19,” sambung Budi.

Tambah Budi, Dinas Pariwisata Ciamis telah menyiapkan beberapa langkah untuk mempersiapkan dibukanya kembali destinasi wisata.

Seperti dari segi regulasi, tiket yang disesuaikan, pengunjung yang dibatasi hanya setengah dari kapasitas yang ada, bahka ada  simulasi.

Diharapkan hal ini akan menjadi gambaran para pengelola wisata dalam mengatasi para pengunjung yang akan masuk.

Langkah simulasi perlu dilakukan, karena gambaran dalam pelaksanaan dibukanya obyek wisata nantinya.

“Kami juga tekankan,  ketika ada pengunjung yang sakit harus koordinasi kepada petugas kesehatan yang dimana harus cepat tanggap,” ujarnya.

Langkah selanjutnya, kata dia, adalah sosialisasi dan promosi. Dalam promosi wisata di New Normal tersebut, Dinas Pariwisata Ciamis mengusung tema; Wisata sehat Ciamis Sehat.

Sementara itu, Ketua Pengelola Sayang Kaak Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Taufan  Nugraha SE  mengaku menyambut baik dengan Dinas Pariwisata yang akan membuka lagi objek wisata di Kabupaten Ciamis.

Namun pengelola wisata saat ini harus lebih ekstra dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Pihak pengelola harus mempersiapkan segalanya, baik cek suhu, tempat cuci tangan, serta yang lainya.

“Hal ini harus ekstra hati-hati karena kami takut juga. Kami tidak  bisa menditeksi dari mana asal pengunjung. Jika pengunjung tenyata dari zona merah, bisa bahaya bagi pengelola destinasi,” ungkapnya.

Topan menyampaikan, bahwa pihak manajemen sejauh ini belum punya keputusan apakah dibuka atau tidaknya, karena perlu musawarah.

“Kami pihak pengelola juga menunggu dipangil oleh Dinsa Pariwisata bagaimana protokolnya tersebut. Semoga membawa kebaikan  kepada kepada semuanya,” tegasnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.