Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.4%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%

Deteksi Diare Kini Lebih Mudah

10
0
Daily Mail REVOLUSI. University Hospital Southampton (UHS) menemukan teknik baru bernama point of care test (POCT) yang lebih cepat mendeteksi diare.
Daily Mail REVOLUSI. University Hospital Southampton (UHS) menemukan teknik baru bernama point of care test (POCT) yang lebih cepat mendeteksi diare.

SOUTHAMPTON – Tidak lagi memerlukan hitungan hari, teknologi dunia kesehatan kini mampu menemukan cara yang lebih efektif. Terutama, untuk mengenali penyebab diare pada seseorang. Hanya dalam hitungan jam, sebuah pencapaian baru yang berhasil diperkenalkan para peneliti dari Inggris.

Menurut penelitian yang dilakukan di University Hospital Southampton (UHS), temuan besar ini akan merevolusi rumah sakit-rumah sakit di dunia dalam menangani pasien yang disebabkan gangguan sistem pencernaan.

Dengan teknik yang diberi nama point of care test (POCT), penanganan bisa dilakukan langsung oleh suster atau asisten dokter. Hal ini untuk tindakan pencegahan sejak awal, guna mencegah memburuknya kondisi pasien.

Tidak hanya pasien dengan kondisi yang parah. Pasien dengan kondisi lebih ringan pun, dengan tes ini, tidak lagi perlu mengonsumsi antibiotik atau membuang-buang uang untuk sekadar memesan ruangan guna menjalani rawat inap.

“Adalah tanggung jawab tenaga kesehatan untuk secepat mungkin menangani pasien diare. Menentukan penyebabnya, dan menentukan langkah selanjutnya untuk mencegah penyebaran,” kata dokter Tristan Clark, konsultan penyakit menular seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (30/11).

“Jika cek lab standar membutuhkan beberapa hari untuk menentukan penyebab diare, itu artinya, para pasien diare perlu ditempatkan di ruangan berbeda. Tujuannya, menghindari kasus infeksi. Para dokter pun masih harus menebak pengobatan. Seperti, menggunakan antibiotik atau tidak,” lanjutnya.

Menurut dia, cara konvensional sangatlah tidak praktis. Karena ruang isolasi seringkali dipenuhi oleh pasien. Selain itu, penggunaan antibiotik secara berlebihan akan menyebabkan resistensi antimikroba pada penderita.

“Dengan tingkat keakurasian yang ditawarkan tes (POCT) secara real-time, sebagai tes standar (pendeteksi penyebab diare, Red), maka prosedur ini akan menjadi jawaban atas permasalahan yang ada selama ini,” ucapnya.

Diare adalah sebuah kondisi kesehatan yang terbilang umum ditemukan di masyarakat. Penyebabnya sendiri terbilang beragam. Seperti infeksi virus dan bakteri, kondisi kesehatan, juga konsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya kondisi tersebut. (ruf/fin/rh)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.