Beranda Piala Dunia Detik – Detik Madrid Memilih Julen Lopetegui jadi Pelatih

Detik – Detik Madrid Memilih Julen Lopetegui jadi Pelatih

107
BERBAGI

MADRID – Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui resmi menukangi Real Madrid usai Piala Dunia 2018. Berita itu heboh di Spanyol, Selasa (12/6) sore waktu setempat.

Saat itu, Lopetegui berada di pelatnas di Krasnodar, Rusia. Dunia pun sempat mengalihkan fokus dari persiapan World Cup 2018 ke Real Madrid.

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?

Nama Lopetegui tak masuk hitungan banyak media dan pengamat sebagai pengganti Zinedine Zidane yang hengkang 31 Mei lalu. Bahkan Lopetegui sebenarnya telah memperpanjang kontrak dengan Timnas Spanyol hingga 2020, pada akhir Mei kemarin.

Madrid berburu pelatih bukan kabar baru. Sejak Zidane pergi, nama Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, Jurgen Klopp, Antonio Conte, Arsene Wenger, Joachim Low, Guti Hernandez hingga pelatih Brasil, Tite dikaitkan dengan Madrid.

Empat nama pertama, Poche, Allegri, Klopp dan Conte dijajaki cukup serius. Lebih mengerucut lagi, satu nama pertama, Poche, didekati lebih serius. Namun semua terhalang tembok tinggi. Madrid juga tidak terlalu bernapsu membuka medan perang dengan klub-klub lain soal pembajakan pelatih.

Nah, diam-diam, Madrid mengontak agen bernama Carlos Bucero untuk membuka negosiasi dengan Lopetegui. Meski menggelar operasi senyap, Madrid tetap meminta izin ke presiden federasi sepak bola Spanyol, Luis Rubiales.

Madrid mendapat lampu hijau dari federasi meski Lopetegui sudah menandatangani kontrak baru dengan timnas.

Kesepakatan akhirnya tercapai antara Madrid, Lopetegui dan tentu saja dengan PSSI-nya Spanyol. Lopetegui akan melatih Madrid usai Piala Dunia 2018 untuk tiga musim pertama.

Awalnya, federasi meminta kesepakatan tersebut sebisa mungkin minim pemberitaan untuk menjaga konsentrasi timnas Spanyol di Rusia. Namun berita akhirnya tersebar juga ke publik pada Selasa sore, gara-gara pihak Lopetegui dan timnas sendiri.

Ya. Enam pemain Madrid di timnas (Sergio Ramos, Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Marco Asensio, Lucas Vazquez dan Isco) mengetahui kesepakatan itu. Nah, ada satu pemain non-Madrid yang mendengar kabar angin tersebut. Jadi, Lopetegui khawatir ruang ganti timnas malah runyam gara-gara berita tersebut.

So, sudah terlanjur, Lopetegui meminta Madrid mengumumkan saja semuanya. Kabarnya, pemain non-Madrid yang dimaksud itu adalah Gerard Pique.

Kini semua dunia tahu. Lopetegui, pria 51 tahun yang pernah membela Madrid sebagai pemain, kemudian pernah melatih Castilla (Madrid junior) bakal menjadi orang nomor satu di ruang ganti Santiago Bernabeu.

Modal Lopetegui untuk mengawali semua sudah kuat. Salah satunya, dia punya hubungan baik dengan kapten timnas yang juga kapten Madrid, Sergio Ramos.

(eurosport/marca/adk/jpnn)

loading...