Dewan Ciamis Tinjau Bangunan SDN yang Ambru

20
0
ISTIMEWA MENINJAU. Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis H Wagino Toyib, Selasa (12/1), memeriksa SDN 2 Janggala Kecamatan Cidolong yang bagian atapnya ambruk Minggu (10/1).
Loading...

Anggota Komisi D DPRD Ciamis H Wagino Toyib telah memantau ke SDN 2 Janggala Kecamatan Cidolog yang atapnya ambruk Minggu (10/1). Dia melakukan pemantauan bangunan ambruk itu Selasa (12/1).

Hasil pengecekannya, kata Wagino, sekolah tersebut mengalami kerusakan berat. Untuk itu ke depan, kata dia, harus ada evaluasi segi sisi perencanaan agar tidak ambruk.

”Namun bagaimanapun rangka baja ringan itu ada spesifikasinya yakni pakai multi roof, namun ini malahan pakai genting soka dan berat dan otomatis roboh,” ujar Wagino.

Wagono menambahkan, memang kelihatannya memakai genting tanah kokoh, tapi beban yang terus menerus dan musim hujan dan genting menyerap air hingga menyebabkan bebannya berat.

Ditambah, kata dia, ada angin dan ketahanannya dan kuda-kudanya beda dengan kayu. Mungkin kayu bisa fleksibel. Kalau baja tidak, karena saling tarik, kalau beban berat dan ditambah angin dan bergetar hingga ambruk total tidak per ruangan.

Loading...

“Jadi dari ujung ke ujung,” ujarnya.

“Kalau berkaitan dengan pembangunan secepatnya lah konsens segera dibangun kembali, karena rakyat tidak mau tahu siapa yang salah dan benar dan kita tidak mencari kesalahan orang tapi yang kita usulkan dan bahas bersama dengan waktu secepatnya dibangun kembali dengan bangunan yang maksimal,” ujarnya. (isr)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.