Dewan Dorong Dinas Sosial Membenahi Validasi Data PBI

44
0
Yuda Pudja Turnawan
Yuda Pudja Turnawan

KARANGPAWITAN – Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan Yuda Pudja Turnawan menyesalkan banyaknya masyarakat golongan mampu masih menikmati fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dibiayai pemerintah atau Peserta Bantuan Iuaran (PBI).

“Seharusnya peserta PBI ini warga miskin. Tetapi ketanyaannya yang paling banyak itu orang mampu,” ujarnya kepada wartawan Rabu (22/1). Menurut dia, berdasakan pendataan dari Kementerian Sosial (Kemensos), di Indonesia ada jutaan akun BPJS Kesehatan yang dibayar APBN dinikmati kalangan keluarga mampu.

Baca juga : Banyak Pelanggan Nunggak, Kejaksaan Negeri Garut jadi Juru Tagih PDAM

Dia mengaku miris melihat kondisi itu. “Di Garut juga pasti banyak orang mampu yang menikmati BPJS Kesehatan PBI. Ini tentu sangat kita sesalkan sehingga harus secepatnya dilakukan pembenahan,” ujarnya.

Yuda menduga banyak pengguna BPJS Kesehatan PBI yang tidak tepat sasaran berdasarkan hasil reses yang dilakukannya selama ini. Padahal, kata dia, Pemkab Garut sudah menyisihkan anggaran besar untuk membayar BPJS Kesehatan khusus bagi rumah tangga miskin. “Ini yang harus dibenahi validasi datanya,” kata dia.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.