Dewan Dorong Pemkot Tasik Jaga Kestabilan Ekonomi

26
1
DISKUSI. Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim SH berbincang di Podcast Radar Tasikmalaya Lawan Covid-19, beberapa waktu lalu. Dokumentasi Radar Tasikmalaya
DISKUSI. Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim SH berbincang di Podcast Radar Tasikmalaya Lawan Covid-19, beberapa waktu lalu. Dokumentasi Radar Tasikmalaya
Loading...

TASIK – Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim SH mendorong Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk terus melakukan pemulihan ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi ini. Sebab UMKM merupakan tulang punggung ekonomi daerah.

“Jaga kestabilan pertumbuhan ekonomi daerah melalui UMKM,” katanya di channel YouTube Radar Tasik ID, Sabtu (13/2/2021).

Oleh karena itu, ia pun meminta pemerintah Kota Tasikmalaya dengan langkah yang tepat, selain untuk pencegahan penyebaran Covid-19 berjalan dan di saat bersamaan juga bisa memperbaiki daya beli masyarakat sehingga bisa menentukan prospek UMKM yang lebih baik.

“DPRD siap bersinergi dengan pemerintah untuk menjaga perputaran roda ekonomi sehingga terus membangun optimisme bagi masyarakat,” ujarnya.

Saran H Aslim untuk pemulihan ekonomi, yakni pemerintah harus mengeluarkan kebijakan kegiatan usaha ekonomi yang berpihak kepada UMKM.

loading...

Tetapi juga harus memberikan rambu-rambu yang sesuai protokol kesehatan, seperti; pengusaha kedai kopi harus menyiapkan fasilitas protokol kesehatan dengan kursi yang jaga jarak, pembatasan jumlah yang masuk, menyediakan sanitasi untuk cuci tangan dan area wajib menggunakan masker.

“Artinya pemerintah daerah jangan sampai membuat kebijakan yang memberatkan pengusaha. Jadi yang perlu ditekan adalah harus disiplin menggunakan protokol kesehatan sehingga bisa menggerakkan ekonomi dengan baik,” katanya.

Dengan begitu, sambungnya, mereka (UMKM, Red) bisa berpeluang waktu membuka kesempatan berjualan lebih proporsional. “Jangan sampai pemerintah memberikan pembatasan tetapi tidak memiliki solusi untuk memberikan kesempatan memenuhi kebutuhan hidup untuk keluarganya,” ujarnya menambahkan.

Selain menggenjot UMKM lebih produktif kembali, Aslim mendukung Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor pangan. “Sektor pangan merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga harus menjadi prioritas utama di Kota Tasikmalaya,” katanya.

Kesiapan ketahanan pangan ini perlu diwujudkan Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan serius mengelola lahan-lahan pertanian. “Hal itu juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujarnya.

Agar peningkatan ekonomi ini berhasil, sambungnya, harus diiringi pencegahan Covid-19 dengan vaksinasi, 3T (Tracing, Testing, Treatment), dan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Kedua hal tersebut adalah upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kita harus konsisten untuk melakukan 3M. Bersamaan juga harus mendukung pelaksanaan vaksinasi dan 3T,” katanya. (riz)

1 KOMENTAR

  1. Coba pemkot tasikmalaya memberi dukungan berupa pinjaman jangka panjang tanpa dibebani bunga kepada para pelaku usaha baik pedagang, indusri dan petani. Sepertinya saya juga siap daftar sebagai urutan pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.