Dewan Garut Minta Pemkab Gunakan BTT untuk Tanggulangi Korban Bencana Alam

172
0
MEMANTAU. Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Garut Yudha Pudja Turnawan memantau lokasi longsor di Kecamatan Talegong, kemarin.

ANGGOTA DPRD Garut Yudha Pudja Turnawa mendorong Pemerintah Kabupaten Garut menggunakan biaya tak terduga (BTT) untuk mengatasi dan menanggulangi masyarakat yang menjadi korban bencana tanah longsor di Kecamatan Talegong.

“Sesuai aturan, penggunaan BTT untuk penanggulangan bencana ini diperbolehkan. Jadi kami minta Pemda Garut segera menggunakan anggaran itu,” ujar Yudha kepada wartawan, Jumat (4/12).

Yudha mengatakan anggaran BTT bisa digunakan untuk menanggulangi korban bencana alam, termasuk merelokasi rumah warga di daerah rawan bencana.

Anggaran BTT Pemkab Garut, kata dia, menjelang akhir tahun masih tersisa cukup besar, sekitar Rp 137 miliar. “Jadi bisa sebagian digunakan untuk penanganan korban bencana di Talegong,” ujarnya.

Yudha mengaku sudah meninjau lokasi longsor maupun di tempat pengungsian sementara bagi warga terdampak bencana. Hasilnya, warga membutuhkan perlengkapan untuk tinggal di pengungsian seperti selimut dan juga jaminan kebutuhan makannya.

“Alhamdulillah pemerintah daerah terkait masalah logistik sudah siap, termasuk katanya akan ada relokasi,” katanya.

Selain bantuan dari pemerintah daerah, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan kebutuhan pangan dan uang bagi warga yang terdampak bencana.

“Saya turut prihatin dengan kejadian bencana alam ini, dan saya sebagai anggota dewan siap menampung aspirasi dari masyarakat, apa saja yang dibutuhkan pengungsi,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.