Dewan: Gedung Pemkab Ciamis yang Pake Baja Ringan Harus Dicek!

127
0
Syarif Sutiarsa Ketua Komisi D DPRD Ciamis

Ketua Komisi D DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa mengaku prihatin atas ambruknya atap lantai dua RSUD Ciamis. Berkaca dari kejadian itu, dia meminta pemerintah mengecek dan mengevaluasi bangunan-bangunan di bawah Pemkab Ciamis yang menggunakan baja ringan.

Tentunya kejadian ambruknya atap RSUD, kata Syarif, harus menjadi cermin atau evakuasi ke depannya. Pemerintah harus memeriksa semua bangunan yang memakai baja ringan , seperti sekolah, perkantoran dan lainnya.

Baca juga : Atap IGD RSUD Ciamis Ambruk, Server Rusak Pelayanan Manual

“Karena bisa kapan saja menjadi ’bom waktu’ seperti kejadian yang di RSUD Ciamis,” terang Syarif Rabu siang (21/10).

Dia menilai bangunan yang menggunakan baja ringan, di sekolah dan perkantoran, kebanyakan memakai genting tanah atau beton. Padahal, seharusnya memakai atap berbahan ringan.

“Makanya harus dievaluasi dan diawasi semua bangunan yang pakai baja ringan, karena di Ciamis ini hampir sekolah-sekolah perkantoran pakai baja ringan yang atapnya pakai genting, “ paparnya..

Anggota Komisi D DPRD Ciamis H Wagino Toyib mengaku pihaknya telah memeriksa ruang lantai atas RSUD Ciamis yang atapnya ambruk. Menurut laporan yang pihaknya terima, penyebab ambruknya atap tersebut akibat hujan lebat terus menerus.

“Jadi murni karena bencana alam,” ujarnya.
Sebelumnya, security RSUD Kabupaten Ciamis lainnya, Agus (38) menjelaskan saat detik-detik atap bangunan lantai dua itu ambruk. Awalnya terdengar suara gemuruh. Kemudian diikuti suara keras. Genting di atap tersebut berjatuhan.

Baca juga : Polisi Selidiki Ambruknya Atap Gedung Lantai 2 IGD RSUD Ciamis

Dia yang berada di sekitar lokasi panik. Namun dia tetap bergerak ikut membantu mengevakuasi pasien di ruangan IGD lantai satu rumah sakit milik pemerintah itu.

“Saking paniknya, wajah, pipi dan pelipis mata sebelah kanan mengalami luka benturan,“ ujarnya mengenang. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.