Dewan Harus Ikut Awasi Proyek Air Baku Balokang Patrol Kota Banjar

18
0
Loading...

BANJAR – Anggota DPRD Kota Banjar, mitra kerja Perumdam Tirta Anom Kota Banjar diminta ikut mengawasi proyek pemasangan pipa baru di proyek air baku Balokang Patrol. Fungsi legislasi harus digunakan untuk memonitor sejauh mana pekerjaan yang digawangi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy itu.

“DPRD sebagai wakil rakyat harusnya berinisiatif untuk turut serta dalam pengawasan pekerjaan itu, jangan menunggu diundang atau dilibatkan. Turun saja untuk ikut mengawasi, karena memiliki kewenangan untuk mengawasi sejauh mana pekerjaan yang didanai dari uang rakyat itu dilaksanakan,” kata pemerhati pemerintahan Sidik Firmadi, Rabu (10/2/2021).

Kata dia, jika pengawasannya ketat, maka proyek Balokang Patrol bisa segera berfungsi dan memberikan manfaat pelayanan air bersih kepada masyarakat.

“Tujuannya ke sana, supaya proyek yang dikerjakan di Balokang Patrol itu selesai tanpa ada masalah lagi. Karena kita ikut miris ya, proyek yang mulai dikerjakan sejak tahun 2014 itu belum bisa difungsikan dan dijalankan sesuai rencana awalnya,” kata dia.

Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjar Irfan Ali Syabana mengatakan pembangunan Balokang Patrol harus selaras dengan kebutuhan fungsi penggunaannya, terutama bagi masyarakat setempat.

loading...

“Kita semua sempat prihatin dengan proses pembangunan sebelumnya, karena tidak sesuai dengan ekspektasi serta besaran biaya untuk mencapai kualitas pembangunan sarana yang baik,” katanya.

Pihaknya sangat berharap pembangunan tahap selanjutnya dapat dilaksanakan dengan maksimal. Selain itu, fungsi pengawasan yang merupakan kewenangan wakil rakyat serta penanggung jawab dari eksekutif.

“Artinya agar senantiasa bahu-membahu bersama dalam tupoksi pembangunan sisi infrastruktur yang bermanfaat dan selaras dapat tercapai, urgensinya bahwa sarana air bersih tersebut merupakan harapan besar yang sangat ditunggu-tunggu keberhasilannya oleh masyarakat setempat,” katanya.

Baca juga : Proyek Air Baku Balokang Patrol Kota Banjar Harus Beri Manfaat pada Warga

Warga Kota Banjar Neza Hadi mengatakan siapa pun yang memenangkan tender dan ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan proyek tersebut harus orang yang memang profesional di bidangnya.

“Kami selaku masyarakat akan selalu mendukung pembangunan di Kota Banjar baik secara nyata turut terlibat langsung dalam pembangunan maupun hanya bersifat monitor dan pemantauan,” katanya.

Menanggapi itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Banjar Jojo Juarno mengaku sudah menggelar rapat terbatas dengan anggota komisi untuk menyikapi perkembangan proyek Balokang Patrol.

“Kita sudah rapatkan soal itu. Dalam waktu dekat ini kita akan menindaklanjutinya,” ujarnya yang juga mengaku tidak pernah diberitahu soal proyek tersebut. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.