Dewan Ikut Andil Isi Jabatan Wabup

59
0
PARIPURNA. Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya mengikuti Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya.
PARIPURNA. Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya mengikuti Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya.

DPRD Kabupaten Tasikmalaya ikut andil besar dalam mendorong pengisian kekosongan jabatan wakil bupati Tasikmalaya sisa masa jabatan 2016-2021.

Salah satunya dengan membentuk Panitia Teknis (Pantek) Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya, mulai membahas surat usulan yang disampaikan partai pengusung dan bupati Tasikmalaya.

Kemudian merancang tata cara dan mekanisme pelaksanaan pemilihan wakil bupati sesuai tata tertib (tatib) aturan DPRD. Selain itu melakukan konsultasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

MENGHADIRI. Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menghadiri Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Taisikmalaya.
MENGHADIRI. Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menghadiri Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Taisikmalaya.

Selanjutnya konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan juga study banding ke daerah yang pernah melaksanakan pengisian kekosongan jabatan wakil bupati.

Akhirnya kepastian pengisian dan pemilihan wakil bupati diputuskan melalui Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Teknis Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya sisa periode 2016-2021 dan pemilihan secara langsung oleh para anggota dewan yang mempunyai hak suara untuk memilih, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/2).

PENGHITUNGAN. Ketua Pantek Pemilihan Wakil Bupati Asep Dzulfikri menghitung suara sah dan tidak sah.
PENGHITUNGAN. Ketua Pantek Pemilihan Wakil Bupati Asep Dzulfikri menghitung suara sah dan tidak sah.

Ketua Panitia Teknis (Pantek) Pemilihan Wakil Bupati Tasikmalaya Asep Dzulfikri SE menyatakan melalui paripurna DPRD dan pemilihan secara langsung, calon wakil bupati Tasikmalaya dari PAN yakni Deni R Sagara terpilih menjadi wakil bupati definitif lewat pemilihan langsung 49 anggota dewan yang memiliki suara.

Dengan 36 suara untuk Deni R Sagara, 10 suara untuk Heri Ahmadi dan sisanya tiga suara abstain atau tidak sah karena tidak di coblos kertas suara dengan foto calon yang disediakan oleh panitia teknis.

“Jumlah anggota dewan yang hadir 49 anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, telah menyalurkan suaranya. Hasilnya Deni Sagara 36 suara, Heri Ahmadi 10 suara dan tiga suara abstain,” terang Asep.

MEMILIH. Ketua DPRD Asep Sopari Al Ayubi menyalurkan suaranya.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP mengucapkan selamat kepada wakil bupati terpilih Deni Sagara. Untuk bekerja sama dan bersinergi membangun Kabupaten Tasikmalaya bersama pemerintah daerah.

“Hasil rancangan peraturan daerah dari keputusan paripurna DPRD, sudah ditetapkan dalam rapat paripurna. Untuk selanjutnya hasil pemilihan wakil bupati Tasikmalaya ini akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur atau pemerintah provinsi, untuk kemudian dilakukan pelantikan,” kata dia.

MENYAMPAIKAN. Ketua Pantek Pemilihan Wakil Bupati Asep Dzulfikri menyampaikan tata tertib pemilihan.
MENYAMPAIKAN. Ketua Pantek Pemilihan Wakil Bupati Asep Dzulfikri menyampaikan tata tertib pemilihan.

Menurut dia, 46 suara sah, tiga tidak sah, maka DPRD Kabupaten Tasikmalaya menetapkan Deni R Sagara menjadi wabup melalui rapat paripurna atas mekanisme dan perundangan yang berlaku.

Wakil Bupati Tasik terpilih Deni R Sagara bersyukur bisa terpilih menjadi wakil bupati lewat voting atau pemilihan secara langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT, ini adalah amanat dan kepercayaan yang diberikan kepada saya. Saya ucapkan terima kasih kepada bupati serta partai pengusung PDI-P, PAN dan PKS yang telah mengusulkan, termasuk dewan yang sudah memberikan suaranya,” ungkap Deni.

SALAM KOMANDO. Wakil Ketua DPRD Cecep Nurul Yakin bersama Bupati Tasik Ade Sugianto dan Wakil Bupati terpilih Deni Sagara salam komando.
SALAM KOMANDO. Wakil Ketua DPRD Cecep Nurul Yakin bersama Bupati Tasik Ade Sugianto dan Wakil Bupati terpilih Deni Sagara salam komando.

Deni pun meminta doa kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa semaksimal mungkin membantu bupati untuk melakukan hal yang terbaik di sisa masa jabatan.

“Yang paling krusial, membantu bupati agar lebih cepat dan berakselerasi melakukan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya,” tambah Deni.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan para anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang telah menyelenggarakan pemilihan wakil bupati ini yang berlangsung aman, tertib dan penuh kekeluargaan.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, sekarang ini tentu kerja saya akan sangat terbantu dan lebih bisa fokus di sisa akhir masa jabatan saya ini. Mudah-mudahan menjadi awal yang baik, dengan kehadiran wakil bupati ini,” ungkap Ade.

Ade pun sebagai bupati berterima kasih kepada seluruh pimpinan partai politik pengusung dan 49 anggota DPRD yang telah berpartisipasi menyalurkan suaranya sebagai bentuk dukungan politik terhadap pemerintah daerah.

“Kepada parpol pengusung Uu-Ade, dalam hal ini PDI-Perjuangan, PAN dan PKS. Kami ucapkan terima kasih sehingga prosesi pemilihan wakil bupati bisa berjalan hasil dan ada keputusan. Tanpa dukungan dari partai pengusung tersebut, tidak mungkin pemilihan wakil bupati terselenggara hari ini,” katanya.

“Yang terakhir, saya ucapkan selamat kepada Deni R Sagara yang ditakdirkan Allah menjadi wakil bupati terpilih, mudah-mudahan secepatnya pengesahannya oleh pemerintah dan dilantik, selamat bertugas,” ungkap dia.

Ade memohon doa kepada seluruh lapisan masyarakat, agar dirinya sebagai bupati dengan didampingi oleh wakil bupati bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya. (dik/adv)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.