Dewan Ingatkan Lagi soal Pergeseran Pejabat

70
0

INDIHIANG – DPRD mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya untuk selalu berkoordinasi dalam melaksanakan rotasi, mutasi dan promosi pejabat. Dalam waktu dekat ini, eksekutif akan melakukan pergeseran dan pengisian jabatan untuk menyesuaikan struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru.

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim SH mengatakan, adanya SOTK baru otomatis terjadi efek domino yang cukup besar. Dengan demikian, sejumlah pegawai tentunya akan mengalami pergeseran dalam jumlah besar. “Sampai hari ini belum ada informasi, padahal hampir setiap hari bertemu sekda, wali, wakil. Harapannya ada koordinasi rencana pergeseran pegawai mendatang,” kata Aslim kepada Radar, Minggu (22/12).

Ia menceritakan dalam pengisian pejabat melalui open bidding, walaupun hasil konsultasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), panitia seleksi perlu berkoordinasi dengan DPRD untuk memberi tanggapan. “Meski tak ada hak untuk memilih, DPRD harus diundang sebagai wakil masyarakat. Paling tidak menyampaikan tanggapan, meski ending pemilihan pejabat itu ada di wali kota,” tuturnya.

Lagi-lagi politisi Gerindra tersebut mengingatkan supaya eksekutif bisa lebih baik dalam berkoordinasi, mengedepankan etika sesama penyelenggara pemerintahan daerah dalam memutuskan kebijakan penempatan pejabat. Apalagi, kata Aslim, belakangan ini pihaknya sudah memperingatkan terkait kebijakan terakhir wali kota dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) 2019. “Kan beberapa waktu lalu kami sudah ingatkan soal open bidding. Yang jelas, berkaitan rotasi, mutasi, promosi, paling tidak ada koordinasi yang baik sesama penyelenggara pemerintahan daerah,” tuturnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya H Dayat Mustofa mengaku belum menerima informasi terkait rencana pengisian SOTK baru dan pelantikan sejumlah pejabat di internal pemkot. Hanya, diprediksi jumlahnya cukup besar mengingat adanya efek domino dari penyesuaian struktur kerja baru. “Baru sekadar isu, antara akhir Desember atau awal Januari 2020. Kita belum terima informasi formal dari pemkot,” kata Dayat. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.